Irwan Febri Rialdi | Husna Rahmayunita
Justin Hubner berlatih dengan Belanda U-20. (Instagram/justinhubner5)

Gol.bolatimes.com - Pemain keturunan Justin Hubner turut memberikan reaksi usai melihat kedua rekannya, Ivar Jenner dan Rafael Struick, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Sayangnya, netizen memberikan respons yang sinis.

Ivar Jenner dan Rafael Struick telah melakukan sumpah WNI untuk menuntaskan proses naturalisasi pada Senin (22/5/2023) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham.

Dengan demikian, tinggal selangkah lagi kedua pemain kelahiran Belanda tersebut dapat berseragam Timnas Indonesia. Tinggal menunggu proses pindah federasi setelah mendapatkan paspor.

Baca Juga:
Bakal Jadi Dirtek PSSI, Pelatih Asal Jepang Ini Pernah Dipermalukan Indra Sjafri di SEA Games 2019

Setelah resmi menjadi WNI, Ivar Jenner dan Rafael Struick merasa berbahagia. Keduanya tak sabar bergabung ke skuad Timnas Indonesia.

Pengesahan keduanya menjadi WNI disambut hangat oleh banyak pihak termasuk rekan sesama pemain keturunan. Tak terkecuali Justin Hubner yang sempat berlatih bersama mereka.

Justin Hubner nampak memberikan emoji kedua tangan merapat dalam unggahan @pssi yang menampilkan foto Ivar Jenner dan Rafael Struick usai menjalani sumpah WNI.

Baca Juga:
Pelatih yang Gagal Total bersama Timnas Thailand akan Jadi Direktur Teknik Baru PSSI, Gak Bahaya Ta?

Kontan saja, kemunculan Justin Hubner mengundang atensi netizen. Sebab, pemain Wolverhampton Wanderers U-21 sempat digadang-gadang bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Namun, apa yang dilakukan Justin Hubner mendapat respons sinis dari netizen Indonesia yang kecewa karena sang pemain mengubah keputusannya untuk menjadi WNI.

"Kamu siapa?" tulis @egi*********.

Baca Juga:
Persik Kediri Resmi Gaet Bek Timnas Filipina Simen Lyngbo, Pernah Satu Liga dengan Erling Haaland

"Maaf nggak kenal," tulis @heng********.

"Nyesel yaaa," tulis @wi*******.

"Dimaafkan. Memilih negara itu hak manusia tidak ada paksaan dan tidak ada tendensi apapun kecuali kecintaan,dan nurani. Jadi bagi yg lain, jangan maksa/memohon, Bangsa Indonesia lebih besar dr personal," tulis @hiru*****.

Baca Juga:
Indra Sjafri Jadi Inspirasi, Cristiano Ronaldo Lakukan Selebrasi Sujud Syukur usai Cetak Gol Penentu Kemenangan Al Nassr

Justin Hubner bereaksi usai Ivar Jenner dan Rafael Struick resmi jadi WNI. (Instagram/@pssi)

Semula, Ivar Jenner, Rafael Struick dan Justin Hubner mendapat rekomendasi Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi demi bisa membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Namun, setelah Indonesia gagal menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut, proses naturalisasi Justin Hubner tak berlanjut, lantaran PSSI beralasan tak bisa memenuhi permintaan sang pemain.

Akhirnya, hanya Ivar Jenner dan Rafael Struick yang dinaturalisasi setelah keduanya menunjukkan komitmen untuk membela Timnas Indonesia.