Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Singapura, Ikhsan Fandi berebut bola dengan bek Timnas Indonesia Elkan Baggott di leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2201). (dok.AFF Suzuki Cup)

Gol.bolatimes.com - Dua negara dipastikan absen di gelaran Piala AFF U-23 2023. Mereka adalah Singapura dan Australia.

Drawing pembagian grup perhelatan Piala AFF U-23 telah digelar oleh AFF. Hasilnya, Grup A diisi oleh Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Grup B dihuni Timor Leste, Malaysia dan Indonesia berada di grup B, sementara Grup C berisikan Vietnam, Filipina dan Laos.

Sejatinya, di kawasan ASEAN (Asia Tenggara) terdapat dua belas negara yang bisa ikut ambil bagian dalam perhelatan Piala AFF U-23 2023 ini. Selain sepuluh negara tersebut, masih terdapat dua negara lain yang bisa ikut serta, yakni Australia dan Singapura.

Baca Juga:
3 Alasan Bek Antagonis Timnas Vietnam Doan Van Hau Layak Direkrut Klub Indonesia

Namun, pada edisi kali ini Australia dan Singapura memilih untuk absen karena alasan yang berbeda. Untuk Australia, meskipun mereka saat ini tergabung di AFC dan sub konfederasi AFF, namun mereka kerap absen untuk kompetisi AFF.

Sementara Singapura memang memilih absen di ajang Piala AFF U-23 2023 lantaran Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) tengah melakukan evaluasi besar-besaran setelah Timnas Singapura U-23 yang tak bisa berprestasi di SEA Games 2023.

FAS pun telah menunjuk sejumlah tokoh untuk menjadi anggota sebuah badan yang dibentuk untuk menelaah kegagalan Singapura di SEA Games 2023. 

Baca Juga:
CEK FAKTA: Joachim Low Resmi Jadi Dirtek PSSI, Dikontrak 6 Tahun

Presiden FAS, Bernard Tan, memang sudah memutuskan untuk menarik Timnas Singapura U-23 dari turnamen internasional sampai proses peninjauan ini selesai. Dia menyebut, bahwa hal ini tidak akan berlangsung sampai Juni 2023.

Bernard Tan mengatakan, keputusan mundur dari AFF juga dibuat sebelum SEA Games karena masalah penjadwalan. Awalnya, turnamen ini berlangsung pada November, tetapi kemudian diajukan jadi Agustus.

“Pengundian untuk Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung pada akhir bulan ini untuk turnamen yang berlangsung pada Agustus mendatang,” kata Tan dikutip dari Mothership.sg.

Baca Juga:
Bakal Telat Gabung TC Timnas Indonesia Jelang FIFA Matchday, Jordi Amat Tak Keder Lawan Lionel Messi

“Kami baru saja meminta AFF untuk mengeluarkan kami dari pengundian. Saya pikir itu hal yang benar untuk dilakukan (untuk beristirahat),” lanjutnya.

Dia menjelaskan bahwa ia juga telah berbicara dengan beberapa pemain menyusul kekalahan telak dengan skor 0-7 dari Malaysia di fase penyisihan grup SEA Games 2023.

“(Para pemain) sangat terkejut,” kata Tan sembari menjelaskan bahwa mereka membutuhkan waktu untuk menenangkan diri dan mengembalikan kepercayaan diri mereka untuk kembali berpartisipasi.

Baca Juga:
Rencana Kompetisi PSSI Musim 2023/2024: dari Liga 1 hingga Piala Indonesia

Tidak ikut sertanya kedua kesebelasan tersebut tentu menjadi sebuah berkah tersendiri bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, absennya Australia dan Singapura menjadi akan semakin mempersempit peta persaingan bagi skuat Garuda untuk menjadi kampiun.

Lantas, apakah dengan absennya kedua tim tersebut peluang Indonesia menjadi juara terbuka lebar?

Belum tentu, kaarena kita ketahui bersama, meskipun kedua negara tersebut absen, tetapi ajang kali ini masih diikuti oleh negara-negara yang menjadi kekuatan utama persepakbolaan Asia Tenggara.

Sebut saja Thailand, Vietnam, atau bahkan Malaysia yang sudah harus bentrok dengan Timnas Indonesia di fase penyisihan Grup B. Sebuah misi yang tentunya tak mudah untuk mengulangi kesuksesan Indonesia menjadi jawara di perhelatan edisi 2019 lalu.

Terkhusus Thailand, mereka bahkan memiliki keuntungan yang sangat besar, mengingat perhelatan edisi kali ini akan diadakan di kandang mereka mulai 17-26 Agustus 2023 nanti.

Meskipun sulit, kita berharap agar kejeniusan coach Indra Sjafri kembali berbuah manis di Thailand nanti ya!

(Yoursay/Fuad S.T)