Arif Budi Setyanto
Pemain keturunan Indonesia, Thom Haye. (Instagram/thomhaye)

Gol.bolatimes.com - Nama Thom Haye menjadi sorotan karena diisukan sedang dipantau PSSI untuk dinaturalisasi. Bersamaan dengan itu, ia juga dilirik k lub Liga inggris.

Munculnya nama Thom Haye ini tak terlepas dari pernyataan mantan anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, yang menyebut ada satu pemain berkualitas Grade A di Eropa yang dipantau.

Hasani mengatakan, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bersama dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih mencari pemain-pemain keturunan yang bisa dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Baca Juga:
Australia Umumkan Skuad untuk Lawan Argentina, Ada Nama Rekan Setim Shayne Pattynama

"Pak Erick (Ketua Umum PSSI) bersama Shin Tae-Yong sedang melirik pemain-pemain diaspora yang grade A di Eropa," tulis Hasani di Instagram.

Masuk dalam pantuan PSSI, Thom Haye juga dirumorkan bakal pindah klub. Saat ini ia masih berseragam SC Heerenveen dengan sisa kontrak satu tahun.

Menukil dari laporan HITC, Selasa (6/6/2023), Haye disebut sedang dipantau Sunderland. Ia juga berpotensi menggantikan peran wonderkid Manchester United, Amad Diallo.

Baca Juga:
Lebih Murah dari Argentina, Segini Harga Tiket Timnas Indonesia vs Palestina

"Gelandang (Thom Haye) membuka pintu untuk pindah ke Sunderland. Dia akan menggantikan Diallo," tulis laporan tersebut.

Amad Diallo sendiri merupakan pemain muda Manchester United yang dipinjamkan ke Sunderland. Di sana ia mendapatkan kesempatan dalam kondisi bola mati.

Nah, jika Haye datang ke Sunderland, maka gelandang berusia 28 tahun ini dikatakan bisa menggantikan peran Diallo.

Baca Juga:
Lawan Argentina, Ernando Ari Ungkap Senjata Rahasia Timnas Indonesia yang Bisa Bobol Gawang Emiliano Martinez

"Umpan dari bola matinya sungguh luar biasa. Setidaknya dia bisa membantu hilangnya pemain pinjaman Manchester United, Amad Diallo," tulis HITC.

Adapun Sunderland bukan satu-satunya klub yang mengincar Haye. Klub Prancis Toulouse juga mencoba untuk memikat jasa dari pemain keturunan Indonesia ini.

Baca Juga:
Tak Anggap Remeh, Komentar Gelandang Argentina Jelang Lawan Timnas Indonesia