Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Ketum PSSI, Erick Thohir, saat konferensi pers Liga Indonesia 2023/2024. (YouTube/PSSI)

Gol.bolatimes.com - PSSI berencana mendatangkan wasit legendaris Pierluigi Collina ke Indonesia untuk memotivasi wasit Liga Tanah Air.

Saat ini, Pierluigi Colinna menjabat sebagai instruktur wasit FIFA. PSSI pun ingin mengundang sosok asal Italia tersebut.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menerangkan tak hanya pemain dan pelatih yang butuh motivasi dari tokoh sepak bola dunia. PSSI sudah bersurat kepada FIFA untuk meminta kehadiran Collina ke Indonesia.

Baca Juga:
Selain Garnacho, Debutan Argentina saat Lawan Timnas Indonesia Masuk Kandidat Golden Boy 2023

"Kami mendorong FIFA mengirimkan wasit Collina, ya. Instruktur dari FIFA untuk datang ke Indonesia agar ketemu para wasit juga, supaya kasih semangat juga," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Kamis (22/6/2023).

"Jadi bukan hanya (Roberto) Carlos, (Juan Sebastian) Veron, wasitnya pun perlu semangat, suratnya sudah dikirim Pak Sekjen (Yunus Nusi) ke FIFA," jelasnya.

Lebih lanjut, Erick Thohir menjelaskan wasit-wasit pun butuh perhatian. Jika semua kebutuhan terpenuhi, menteri BUMN itu yakin kepemimpinan wasit di atas lapangan akan menjadi lebih bagus.

Baca Juga:
3 Negara Asia Tenggara yang Berpotensi Lawan Timnas Indonesia di Babak Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026

Oleh sebab itu, didatangkannya Collina akan baik buat wasit. Dari segi motivasi akan meningkat dan bagus di atas lapangan.

"Itu agar wasit bisa punya kewibawaan dan kepercayaan diri karena mereka juga manusia biasa yang perlu perhatian dan pondasi untuk kehidupan mereka," pungkasnya.

Baca Juga:
Seleksi Dibantu Perwakilan Jepang FA, Ketum PSSI Umumkan Jumlah Wasit yang Akan Bertugas di Liga Indonesia