Husna Rahmayunita
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah), bersama dengan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (dua dari kiri) dan Ratu Tisha Destria (dua dari kanan) serta Sekjen PSSI Yunus Nusi (kiri) dan Exco PSSI Arya Sinulinga (kanan) dalam konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Kamis (22/6/2023). (ANTARA/Fajar Satriyo)

Gol.bolatimes.com - Ketum PSSI Erick Thohir optimis kelak Indonesia bisa mengirimkan wasit ke Piala Dunia. Namun, wasit harus memenuhi standar Asia lebih dulu.

Menurutnya, untuk membenahi sistem perwasitan di Tanah Air tidak instan. Jadi perlu proses untuk bisa menigirim wasit ke Piala Dunia.

"Kalau bicara kualitas wasit harus standar Asia dulu. Nanti pelan-pelan (pembinaan jangka panjang) bisa meloloskan wasit ke Piala Dunia. Atau di kejuaraan sepak bola internasional lain," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Kamis.

Baca Juga:
18 Wasit Liga 1 Lolos Seleksi, Erick Thohir Berharap Bisa Jaga Amanah

"Tapi kembali lagi yang namanya membangun perwasitan ataupun timnas, itu perlu waktu jangka panjang," sambungnya.

PSSI mengumumkan sebanyak 18 wasit akan bertugas di Liga 1, 24 wasit akan bertugas di Liga 2 dan 40 wasit bakal ditugaskan di Liga 3.

Hal itu berdasarkan proses seleksi ketat yang dilakukan oleh PSSI bekerja sama dengan Japan Football Association (JFA).

Baca Juga:
Daftar 18 Wasit yang Pimpin Liga 1 2023/2024, Sejumlah Nama Tenar Tak Lolos

Lebih jauh, mantan bos Inter Milan itu menerangkan para wasit ke depannya akan menjalani pelatihan-pelatihan termasuk salah satunya pelatihan penggunaan VAR yang bakal diterapkan di pertengahan musim Liga 1.

"Saya mendorong FIFA mengirimkan wasit Collina (kepala wasit FIFA). Juga instruktur dari FIFA untuk datang ke Indonesia agar bertemu para wasit, supaya memberikan semangat juga. Bukan hanya para pemain di lapangan, wasitnya pun perlu semangat, suratnya kini sudah dikirim ke FIFA," tutupnya.

(Antara)

Baca Juga:
Meroket Tajam, Perbandingan Followers Rafael Struick Sebelum dan Sesudah jadi Pemain Timnas Indonesia