Gagah Radhitya Widiaseno
Potret sesi latihan Timnas Indonesia jelang lawan Argentina. (PSSI)

Gol.bolatimes.com - Jadwal Timnas Indonesia di 2023 ini terbilang cukup padat. Ketum PSSI Erick Thohir menyiapkan langkah jitu untuk para punggawa Garuda agar tak mengalami kejenuhan.

Skuad asuhan Shin Tae-yong akan menjalani jadwal padat untuk persiapan turnamen yang berlangsung di 2023 ini. Tentunya langganan pemain yang dipanggil Timnas Indonesia bakal melakoni latihan intens. Apalagi mereka yang ada menjadi andalan Timnas Indonesia senior dan Timnas U-23.

Pada September ada dua agenda Timnas Indonesia U-23, yakni Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang dijadwalkan 4-12 September, lalu Asian Games 2022 Hangzhou yang dijadwalkan 19 September-8 Oktober 2023.

Baca Juga:
KMSK Deinze Rindu dengan Marselino Ferdinan, Doakan Selamat Sampai Belgia

Keterlibatan Timnas U-23 pun mendapat perhatian mengingat menjadi sebagian mereka menjadi andalan di tim senior. Di waktu hampir bersamaan ada FIFA matchday pada 4-12 September.

Hal inilah yang membuat Erick Thohir memikirkan agenda tim nasional ke depan. Jika tak memungkinkan, FIFA matchday periode Oktober ditiadakan.

"Ada Elkan (Baggott), (Rizky) Ridho, Rafael (Struick), Ivar (Jenner), Marselino (Ferdinan), Pratama Arhan. Artinya yang saya bilang generasi emas," kata Erick Thohir.

Baca Juga:
Dua Pemain Luar Negeri yang Bisa Dicoba Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023

"Ini mesti benar-benar kita atur, jangan sampai kita jadi abuse, dipaksakan main terus, nanti ada cedera, ada kejenuhan, yang rugi kita juga," sambung Erick Thohir di Jakarta, Jumat (23/6/2023).

PSSI mengajak pelatih Timnas U-23 Indra Sjafri dan pelatih timnas senior Shin Tae-yong untuk duduk bersama. Nantinya, akan ada jalan keluar perihal masalah ini.

"Juga kepala BTN (Badan Tim Nasional), Sumardji untuk tadi, jangan masing-masing ego. Tapi prioritaskan kesehatan mental pemain. Manusia juga bukan robot," pungkasnya.

Baca Juga:
Alasan PSSI Tunjuk Bima Sakti Jadi Pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023