Jadul Banget! VFF Jual Tiket Vietnam vs Timnas Indonesia Masih Manual, Calo pun Bermunculan

VFF jual tiket duel Vietnam vs Timnas Indonesia masih manual, tak pakai sistem online.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 09 Januari 2023 | 10:45 WIB
Penjual tiket fisik laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 Vietnam versus Indonesia membuka lapak di pinggir jalan dekat Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Minggu (8/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Penjual tiket fisik laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 Vietnam versus Indonesia membuka lapak di pinggir jalan dekat Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Minggu (8/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Gol.bolatimes.com - Berbeda dengan PSSI, federasi sepak bola Vietnam (VFF) masih menggunakan sistem menual untuk menjual tiket laga Vietnam vs Timnas Indonesia pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Senin (9/1/2023) malam WIB. Alhasil, calon pun bermunculan.

Pemandangan ini sangat kontrak jika dilihat dengan Indonesia. PSSI kini sudah beralih ke sistem online saat menjual tiket pertandingan sepak bola selama Piala AFF 2022 berlangsung.

Sistem jadul yang dipakai VFF seolah bikin penjualan tiket berantakan. Alhasil calon bermunculan hingga menjual tiket pertandingan lebih mahal dari yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Calo Bermunculan, Tiket Vietnam vs Timnas Indonesia Dijual Rp800 Ribu untuk Kategori Paling Rendah

Sejak satu hari menjelang pertandingan pada Minggu (8/1/2023), calo sudah berdagang hingga ke pinggir jalan di sekitar Stadion My Dinh. Mereka menawarkan untuk kategori paling rendah sebesar 1,2 juta dong atau setara Rp800 ribu.

"Tiket ini saya jual seharga 1,2 juta dong Vietnam (sekitar Rp800 ribu), kalau anda mau membelinya," ujar salah satu pedagang, yang menolak menyebutkan namanya, dilansir dari Antara.

Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)
Potret aksi pemain Timnas Indonesia saat ditahan imbang Vietnam 0-0 di leg pertama semifinal Piala AFF 2022. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

 

Baca Juga: Vietnam vs Indonesia Lakoni Adu Penalti, Nadeo Argawinata Lebih Baik Dibanding Van Lam Dang

Pernyataan tersebut mengejutkan lantaran harga tiket reguler lebih tinggi dari harga termahal yang ditetapkan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). VFF menjual tiket pertandingan dengan empat variasi harga yakni 400 ribu dong, 600 ribu dong, 800 ribu dong, dan satu juta dong.

Meski demikian, seorang pegiat media sosial olahraga Vietnam, Nam Trung, menjelaskan bahwa penjualan tiket dengan harga lebih mahal menjadi hal wajar. Ia menyebut kegiatan ini legal di Vietnam, pembelinya pun banyak.

"Saya ingat dahulu, waktu Vietnam bermain di final Piala AFF 2018, saudara saya ada yang jual tiket biasa bernilai setara 500 dolar AS dan itu ada yang beli," kata Nam Trung, pemilik akun Youtube Sao The Thao.

Baca Juga: Disentil Shin Tae-yong Gara-gara Suka Main Kasar, Doan Van Hau Tetap Santai

Terkait tiket, pihak VFF menyatakan, mereka tidak melakukan pembatasan terkait penjualan tiket untuk pertandingan Vietnam kontra Indonesia.

Artinya, kemungkinan besar akan ada sekitar 40 ribu pendukung Vietnam, sesuai kapasitas maksimal Stadion Nasional My Dinh, yang akan hadir untuk mendukung timnas tuan rumah meski pertandingan berlangsung pada hari Senin (9/1) atau hari kerja.

"Kapan pun itu, selama timnas Vietnam bermain, stadion pasti ramai," ujar Nam Trung.

Baca Juga: Penampakan Jejak Kaki Binatang di Bangku Stadion My Dinh, AFF Malah Kasih Pujian, Kok Bisa?

Sementara itu, Timnas Indonesia menatap laga ini dengan modal imbang 0-0 pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1). Skuat Garuda cuma memerlukan hasil seri dengan gol, yang artinya unggul gol tandang, untuk menyegel satu tempat di final.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak