Shin Tae-yong Diserang Netizen Vietnam gegara Kritik Wasit yang Biarkan Ulah Van Hau, Netizen Indonesia Pasang Badan

Shin Tae-yong mengingatkan para wasit dan pemain agar fair play di semifinal Piala AFF.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Senin, 09 Januari 2023 | 15:05 WIB
Momen Pemain Timnas Indonesia Ricky Kambuaya dilanggar oleh bek Vietnam, Doan Van Hau di semifinal leg I Piala AFF 2022. (Instagram/@shintaeyong7777)

Momen Pemain Timnas Indonesia Ricky Kambuaya dilanggar oleh bek Vietnam, Doan Van Hau di semifinal leg I Piala AFF 2022. (Instagram/@shintaeyong7777)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjadi bulan-bulanan Netizen Vietnam yang mengkritik keputusan para wasit saat membiarkan ulah bek Timnas Vietnam Doan Van Hau selama Piala AFF 2022. Mengetahui pelatih 52 tahun itu diserang netizen Vietnam, warganet dari Indonesia tak tinggal diam.

Diketahui selama gelaran Piala AFF 2022, nama Doan Van Hau menjadi gunjingan hingga cibiran para penikmat sepakbola. Sebab, pemain 23 tahun ini terlihat sengaja melanggar lawan-lawannya namun berakting sebagai korban atau playing victim.

Sayangnya hal itu tidak dianggap wasit pelanggaran keras dan malah membiarkan Doan Van Hau bermain tanpa dihukum kartu apapun.

Baca Juga: Dirumorkan Balikan dengan PSS, Yevhen Bokhashvili Tersandung Skandal di Rumania?

Pelanggaran yang dibuat Doan Van Hau mendapat sorotan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ia tak langsung menuding kesalahan Van Hau tapi lebih meminta kebijaksanaan wasit untuk jeli dan tegas memberi keputusan.

Hal itu terlihat dari unggahan Shin Tae-yong di akun Instagram, @shintaeyong7777. Dalam unggahannya, Shin membagikan tiga potongan video pelanggaran yang dilakukan Doan Van Hau.

"Tidak boleh 'usaha para pemain' yang dibuat selama ini tenggelam karena wasit. Wasit dan pemain harus fairplay sama-sama. Saya berharap semoga tidak lagi ada kejadian seperti ini," tulis Shin Tae-yong, dikutip, Senin (9/1/2023).

Baca Juga: Main di Kandang, Quang Huy Yakin Vietnam Bungkam Timnas Indonesia dalam Waktu 90 Menit

Lebih lanjut unggahan Shin Tae-yong justru menjadi obyek serangan netizen Vietnam. Sejumlah komentar berbaha tieng Viet banjir di kolom komentar.

Seperti yang ditulis akun @giaptuancu***, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, akun itu menganggap Shin Tae-yong penakut. Bahkan ia mengatakan bahwa Shin Tae-yong tidak akan dianggap di Vietnam.

Tak hanya akun itu, ada beberapa akun lainnya, termasuk akun @xuantruonghn**** yang membuat tudingan bahwa Indonesia merupakan pemain yang paling kasar dan tidak sportif di sepakbola Asia Tenggara. Hadirnya Van Hau adalah untuk memberi pelajaran kepada Skuad Garuda.

Baca Juga: Rumput Stadion My Dinh Jadi Sorotan Jelang Timnas Indonesia vs Vietnam, Kering dan Mati

Bahkan ada netizen Vietnam yang menghardik Shin Tae-yong dengan kata-kata tak pantas.

Serangan dari netizen Vietnam membuat netizen Indonesia pasang badan. Bahkan tak sedikit yang membalas komentar mereka dengan sanggahan dan meminta mereka lebih terbuka terhadap apa yang dilakukan Doan Van Hau.

"Apa yang kamu tulis ini terlihat bahwa permainan timnas dan pelatihmu memang kurang berpendidikan. Lebih baik pulang dan belajar apa itu etika dulu," balas @linh_vy.m***.

"Main kalian curang saja dibanggakan," sindir @ainisja**.

Terlepas dari serangan di media sosial itu, Shin Tae-yong diyakini masih memiliki strategi untuk mengalahkan The Golden Star di leg II semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023) malam WIB.

Setelah bermain imbang 0-0 di leg I, skuad Garuda berambisi untuk menjebol gawang Dang Van Lam di semifinal terakhir ini. Meski begitu, Vietnam juga tak mau dipermalukan oleh tim tamu, serangan dan pertahanan Vietnam akan menjadi ganda karena bermain di markas sendiri dengan ribuan pendukungnya di Stadion My Dinh.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak