3 Penyebab Utama Timnas Indonesia Kalah Lawan Vietnam

Timnas Indonesia tumbang lawan Vietnam 0-2, sehingga gagal lolos ke final Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 10 Januari 2023 | 15:18 WIB
Aksi Nguyen Tien Linh saat Vietnam kalahkan Timnas Indonesia 2-0 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. (Dok.VFF)

Aksi Nguyen Tien Linh saat Vietnam kalahkan Timnas Indonesia 2-0 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. (Dok.VFF)

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan penyebab yang membuat Timnas Indonesia menelan kekalahan kala melawan Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia harus menerima kenyataan gagal melangkah ke final Piala AFF 2022 usai takluk dari Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1).

Dalam laga yang berlangsung di markas Vietnam, Stadion My Dinh, skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, harus menyerah dengan skor 0-2.

Baca Juga: Anggap Pertandingan Hidup dan Mati, Kim Pan-gon Berambisi Buat Rakyat Malaysia Bangga saat Hadapi Thailand

Adapun dua gol kemenangan The Golden Stars, julukan Vietnam, di laga ini diciptakan oleh penyerangnya, yakni Nguyen Tien Linh di menit ke-3 dan menit ke-47.

Karena kekalahan di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia pun harus rela tiket ke final ajang ini direbut Vietnam.

Pasalnya, anak asuh Shin Tae-yong kalah dalam agregat gol setelah hanya bermain imbang 0-0 di leg pertama semifinal ajang dua tahunan ini kemarin, Jumat (6/1).

Baca Juga: Daftar Pelatih Pelatnas PBSI 2023, Didominasi Wajah Lama Ada Coach Naga Api dan Naga Air

Dalam laga ini, ada sederet penyebab yang membuat Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Vietnam sehingga gagal ke final Piala AFF 2022.

Apa saja penyebab tersebut?

Shin Tae-yong samperin pemain Vietnam yang kalahkan timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022. (Zing News)
Shin Tae-yong samperin pemain Vietnam yang kalahkan timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022. (Zing News)

 

Baca Juga: Momen Bek Timnas Indonesia Kena Gampar Wasit Jepang saat Lawan Vietnam di Piala AFF 2022, Ngilu Lihatnya

1. Lini Belakang yang Kurang Konsentrasi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyebutkan salah satu penyebab kekalahan dari Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 ini adalah lini belakang yang kurang konsentrasi.

Juru taktik asal Korea Selatan ini menyebutkan dirinya sudah memperingatkan anak asuhnya agar berkonsentrasi di awal dan menit akhir laga. Ironisnya, Indonesia justru kalah dari Vietnam lewat gol cepat di laga ini.

Baca Juga: Umumkan Pensiun, Theo Walcott Tulis Pesan Menyentuh untuk Gareth Bale

“Saya selalu mengingatkan para pemain untuk berhati-hati terutama di 5 menit pertama dan 5 menit terakhir,” ucap Shin Tae-yong pasca laga dilansir dari Soha.

“Namun pada gol pertama Vietnam melakukannya dengan baik dan Nadeo (Argawinata) salah membaca situasi dan di gol kedua, kami kehilangan fokus,” lanjutnya.

2. Lapangan Kurang Memadai

Shin Tae-yong juga menggarisbawahi kondisi lapangan Stadion My Dinh yang jadi tempat pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Buruknya kondisi lapangan ini membuat permainan Indonesia tak berkembang sama sekali. Berbeda dengan Vietnam yang sudah bermain di lapangan ini sejak hari pertama Piala AFF 2022.

“Vietnam sudah terbiasa bermain di Stadion My Dinh, sedangkan kami masih asing. Di gol pertama, Nadeo (Argawinata) salah menilai. Selain itu kami tidak beradaptasi dengan baik,” ucap Shin Tae-yong.

“Kami bermain di Stadion My Dinh pada SEA Games 2021 dan lapangannya lebih baik dari sekarang (Piala AFF 2022). Di leg pertama, kami bermain bagi karena rumput Stadion Bung Karno (SUGBK),” imbuhnya.

3. Taktik Jitu Park Hang-seo

Penyebab kekalahan Indonesia yang paling utama adalah taktik jitu Park Hang-seo. Senang atau tidak, kompatriot Shin Tae-yong ini menunjukkan kejeniusannya di leg kedua.

Setelah tampil buruk di leg pertama, Park Hang-seo menyebutkan bahwa ia menganalisa permainan Indonesia dan mendapatkan celah untuk mengatasi lawannya itu.

“Di leg pertama di Indonesia, kami bermain 3-4-3. Setelah pulang, kami menganalisis Timnas Indonesia. Kami mendapati bahwa lawan merupakan tim dengan serangan balik yang tipikal,” ujar Park Hang-seo pasca laga.

“Kami tahu Timnas Indonesia cukup lemah dalam duel dan para pemain bertahannya mudah diincar. Jadi kami memainkan dua striker dan mengeksploitasi titik di ruang antar bek,” tambahnya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak