Rabu, 25 Januari 2023 | 12:00 WIB

Sepak Terjang Liam Oetoehganal, Pemain Keturunan Indonesia yang Berpotensi Jadi Rekan Setim Marselino Ferdinan

Rauhanda Riyantama
Pemain keturunan, Liam Oetoehganal yang bermain di klub Beerschot VA. (Instagram/@l.oetoehganal)
Pemain keturunan, Liam Oetoehganal yang bermain di klub Beerschot VA. (Instagram/@l.oetoehganal)

Gol.bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Liam Oetoehganal, pemain keturunan Indonesia yang berpotensi menjadi rekan setim Marselino Ferdinan di K Beerschot VA.

Bukan rahasia lagi jika wonderkid Timnas Indonesia dan Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan, dikabarkan akan segera merumput di Belgia.

Rumor ini telah berkembang dalam beberapa hari ke belakang, di mana pemain berusia 18 tahun itu dilaporkan akan segera terbang ke negeri coklat tersebut.

Baca Juga: Profil Beerschot VA, Klub Liga 2 Belgia yang Digadang Jadi Pelabuhan Baru Marselino Ferdinan

Bahkan, dilaporkan bahwa Marselino akan segera terbang ke Belgia pada Rabu (25/1), untuk melanjutkan kariernya di negara tersebut.

Menurut rumor yang beredar, Marselino akan bergabung dengan K Beerschot VA yang merupakan tim kasta kedua Liga Belgia atau Challenger Pro League.

K Beerschot VA sendiri merupakan tim papan atas kasta kedua Liga Belgia. Saat ini, tim berjuluk De Manneke itu tengah duduk di peringkat ketiga klasemen.

Baca Juga: Lebih Cepat dari Seniornya, Proses Naturalisasi Justin Hubner Cs Ditargetkan Rampung Februari 2023

Tak ayal, kabar ini menjadi kabar bahagia bagi pendukung Timnas Indonesia. Apalagi kepindahan ini diyakini bisa mengangkat kualitas Marselino.

Andai nanti Marselino bergabung K Beerschot VA, ia takkan menjadi satu-satunya atau pemain Indonesia pertama yang bermain di klub tersebut.

Sebab, sebelum Marselino ada nama Liam Oetoehganal yang merupakan pemain keturunan Indonesia dan telah lebih dulu bergabung K Beerschot VA.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Punya Kans Besar Jadi Pilihan Utama di Starting XI Jeonnam Dragons

Lantas, siapakah Liam Oetoehganal tersebut? Bagaimana kiprah pemain keturunan Indonesia tersebut di K Beerschot VA?

Pemain keturunan Indonesia, Liam Oetoehganal. (Instagram/l.oetoehganal)
Pemain keturunan Indonesia, Liam Oetoehganal. (Instagram/l.oetoehganal)

 

Pemain Keturunan Kalimantan Selatan

Baca Juga: Bertahan di Timnas Indonesia, Ini Agenda Shin Tae-yong Sepulang dari Korea Selatan

Liam Oetoehganal merupakan pemain keturunan Indonesia berpaspor Belanda yang lahir di Nijmegen pada 4 Mei 2004 atau 18 tahun silam.

Aroma Indonesia yang terlihat dari namanya tak lepas dari garis keturunannya. Diketahui, nenek dari sang ayah berasal dari Kalimantan Selatan.

Namun, Liam, sapaannya, lahir dan menempuh kiprah sepak bolanya di Belanda. Ia sendiri merupakan produk dari akademi klub ternama di negeri Kincir Angin, yakni Feyenoord Rotterdam.

Tercatat, pemain yang biasa bermain sebagai gelandang tengah atau bek sayap ini bermain bagi akademi Feyenoord hingga dirinya menembus tim U-18.

Pada Juli 2022, Liam memutuskan hengkang dari Feyenoord dan menyeberang ke Belgia dengan bergabung K Beerschot VA.

Di K Beerschot VA ini, Liam tak masuk tim utama, melainkan masuk ke tim U-23 atau tim Reverse klub kasta kedua Liga Belgia itu.

Di musim ini, Liam telah bermain sebanyak 9 kali bagi K Beerschot VA di 2de Nationale BVB atau kompetisi amatir di Belgia dengan sumbangan 1 gol.

Jika Marselino bergabung K Beerschot VA, kemungkinan besar nasibnya pun akan sama dengan Liam bermain di kompetisi amatir yang berisikan pemain muda tersebut.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Tag

Terpopuler

indonesia

Terkini

Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda