Selain Zainudin Amali, Adakah Menteri Olahraga di Negara Lain yang Jabat Anggota Federasi?

Zainudin Amali menjadi menteri olahraga pertama yang juga menjadi anggota federasi olahraga.

Galih Prasetyo | BolaTimes.com
Jum'at, 17 Februari 2023 | 13:07 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan keterangan saat konferensi pers di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan keterangan saat konferensi pers di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Gol.bolatimes.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali resmi menjadi wakil ketua umum II PSSI masa bakti periode 2023-2027. Amali nantinya akan jadi bawahan dari Erick Thohir sebagai ketum PSSI.

Terpilihnya politikus partai Golkar itu menimbulkan banyak pertanyaan dari publik. Bagaimana mungkin seorang menteri yang memiliki fungsi pengawas federasi olahraga malah menjadi anggota federasi.

Dari penelusuran BolaTimes di sejumlah negara di dunia tidak ditemukan adanya seorang menteri olahraga disaat yang bersamaan menjadi anggota federasi olahraga.

Baca Juga: Mengapa Yunus Nusi Mundur dari Waketum PSSI meski Unggul Suara dari Zainudin Amali usai Pemilihan Ulang?, Ini Alasannya

Singpura negara tetangga Indonesia misalnya. Di sana, urusan olahraga dikelola oleh Kementerian Kebudayaan, Masyarakat dan Pemuda atau MCCY. Saat ini Menteri MCCY ialah Edwin Tong.

Edwin sendiri pernah menjabat sebagai wakil ketua umum PSSI-nya Singapura atau FAS. Jabatana ini diemban oleh Edwin dari 2013 hingga 2020. Saat mengemban tugas ini Edwin memang juga merangkap sebagai Menteri Hukum pada periode 2018.

Selain itu, saat menjadi wakil ketua umum PSSI-nya Singpura, Edwin juga pernah menjadi menteri senior Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Drama Berlanjut! Yunus Nusi Mundur, Ratu Tisha dan Zainudin Amali Dampingi Erick Thohir di PSSI

Namun saat ia kemudian ditunjuk menjadi Menteri MCCY yang memiliki fungsi pengawasan ke federasi olahraga Singapura, Tong melepas jabatannya sebagai wakil ketua umum PSSI-nya Singapura.

Hal sama juga dilakukan oleh Menpora-nya Argentina, Matías Lammens. Pria kelahiran Buenos Aires 5 April 1980 ini mengemban tugas sebagai menteri olahraga sejak 11 Desember 2019.

Sebelum itu, ia menjabat sebagai presiden klub Liga Argentina, San Lorenzo. Lammens jadi presiden San Lorenzo dari September 2012 hingga Desember 2019.

Baca Juga: Yunus Nusi Mundur, Ratu Tisha dan Zainudin Amali Jadi Waketum PSSI 2023-2027

Sadar bahwa ia harus menjadi penanggung jawab semua olahraga di Argentina dan tak mau adanya tumpng tindih kepentingan, Lammnes melepas jabatannya di San Lorenzo.

Padahal Lammens memiliki catatan ciamik sebagai presiden San Lorenzo. Ia berhasil membawa klub tersebut meraih gelar Copa Libertadores, Liga Champions-nya kawasan Amerika Latin.

Selain itu, di bawah kepemimpinannya San Lorenzo jadi klub pertama Argentina yang menandatangani kontrak untuk 16 pemain dari tim sepak bola wanita.

Baca Juga: Ratu Tisha Resmi Jadi Waketum PSSI Bareng Yunus Nusi, Zainudin Amali Gugur

Lammens pun seorang politikus seperti Zainudin Amali. Pada 2015 ia menjadi calon legislator untuk wilayah Buenos Aires. Menariknya saat jadi presiden klub, Lammes sempat menolak tawaran untuk jadi direktur bank sentral Argentina.

Juni 2019, Lammens menjadi wali kota Buenos Aires. Saat kemudian menjadi menteri olahraga dan pariwista Argentina, Lammens baru melepas jabatannya sebagai presiden klub San Lorenzo.

Sementara itu, sepanjang sejarah Kementeria Pemuda dan Olahraga yang sudah dipimpin sebanyak 13 tokoh termasuk Zainudin, baru di era politikus Golkar ini seorang menteri menjadi bawahan dari ketua umum PSSI.

Hal ini pun mendapat sorotan dari cabang olarhaga lain seperti dari ketua umum PB PODSI, Budiman Setiawan.

Menurut ketua umum cabang olahraga dayung itu anggap dengan Zainudin kurang etis dengan menjadi wakil ketua umum PSSI.

"Secara etika Menpora itu harus memayungi semua cabang olahraga. Istilahnya Menpora itu adalah bapaknya semua cabang olahraga," kata Budiman dalam keterangan resminya kepada media pada 22 Januari 2023.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak