Bikin Kesal Timnas Indonesia U-20, Ini Drama Tak Penting Timnas Guatemala U-20 yang Sengaja Ulur Waktu

Satu gol dalam pertandingan itu diciptakan oleh Jorge Solorzano di menit ke-22.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Selasa, 21 Februari 2023 | 23:29 WIB
Aksi drama pemain Timnas Guatemala U-20 yang seolah-olah didorong oleh Dzaky Asraf saat turnamen mini internasional, Selasa (21/2/2023). (Twitter/@BroadcastBolang)

Aksi drama pemain Timnas Guatemala U-20 yang seolah-olah didorong oleh Dzaky Asraf saat turnamen mini internasional, Selasa (21/2/2023). (Twitter/@BroadcastBolang)

Gol.bolatimes.com - Timnas Guatemala U-20 banyak melakukan drama saat menghadapi Indonesia U-20 dalam lanjutan match ketiga turnamen mini internasional, di SUGBK, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Meski menang 1-0 dari Indonesia, permainan tak sportif Guatemala kerap dilakukan. Usai satu pemainnya, Julio Garcia diganjar kartu merah, skuad asuhan Rafael Loredo bikin kesal.

Satu gol dalam pertandingan itu diciptakan oleh Jorge Solorzano di menit ke-22. Indonesia yang berusaha menyerang bertubi-tubi tak mampu membuat gol.

Baca Juga: Hasil Turnamen Mini: Unggul Pemain, Timnas Indonesia U-20 Tetap Kalah dari Guatemala 1-0

Adapun tiga drama tak penting yang dilakukan pemain ini. Hal itu memang dianggap untuk mengulur waktu agar Indonesia tak konsentrasi melakukan serangan balik.

Pertama aksi Julio Garcia yang enggan keluar lapangan setelah diganjar kartu merah. Bek Timnas Guatemala U-20 ini mendapat dua kartu kuning dalam pertandingan tersebut.

Kartu kuning kedua dia dapatakan, saat menendang bola yang terlalu tinggi hingga mengenai kepala Hokky Caraka.

Baca Juga: Media Vietnam Akui Asnawi Mangkualam Sebagai Bek Sayap Terbaik di ASEAN

Bukannya langsung keluar lapangan, Julio masih tak terima dan sengaja berjalan-jalan di tengah lapangan sampai membuat emosi Dzaky Asraf.

Pemain PSM Makassar itu mendekati Julio untuk memintanya segera keluar, namun pemain Guatemala ini justru berakting terjatuh, seolah-olah didorong oleh Dzaky.

Kedua adalah diving yang dilakukan Andy Julian. Ia sengaja mengulur waktu di waktu injury time, 90+8 saat Indonesia mendapat tendangan sudut.

Baca Juga: Hitung-hitungan Timnas Indonesia U-20 Juara Turnamen Mini 2023, Sulit tapi Masih Ada Peluang

Ia menuding Hokky Caraka memukul dadanya, padahal Hokky hanya menyenggol dadanya saat mencari posisi.

Kiper Guatemala U-20 pura-pura terkilir saat mengahadapi Indonesia di turnamen mini internasional, Selasa (21/2/2023). (Twitter/@BroadcastBolang)
Kiper Guatemala U-20 pura-pura terkilir saat mengahadapi Indonesia di turnamen mini internasional, Selasa (21/2/2023). (Twitter/@BroadcastBolang)

Ketiga merupakan aksi tak masuk akal kiper Guatemala U-20, Jorge Alfaro. Kiper ini sengaja bergelayutan di mistar gawang padahal bola sudah jauh keluar dari lapangan.

Jorge seakan terjatuh usai bergelayutan dan berpura-pura kesakitan karena tangannya terbentur. Bahkan pemain ini mendapat perawatan yang seharusny tak perlu dilakukan.

Meski banyak membuat drama tak penting, Guatemala bermain cukup disiplin. Kerapatan barisan pertahanan menjadi pagar hidup yang memang sulit ditembus skuad Garuda.

Meski Arkhan Fikri dkk unggul pemain dari Guatemala yang bermain dengan 10 orang, pertahanan lawan sukar ditembus. Indonesia kalah 1-0.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia punya jalan berbeda.

indonesia | 14:20 WIB

Inilah hasil drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

indonesia | 13:59 WIB

Ian Maatsen bawa Chelsea menang telak.

indonesia | 11:13 WIB

Penyerang Timnas Putri Indonesia U-19 ingin skuadnya lakukan ini.

indonesia | 15:06 WIB

Striker jebolan Garuda Select disanjung mantan pelatih Timnas Indonesia.

indonesia | 13:23 WIB

Anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dilepas oleh klubnya di Eropa

indonesia | 09:07 WIB

Thomas Doll menilai ada sejumlah pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jerman

indonesia | 08:17 WIB

Bima Sakti tidak baper usai disindir netizen dengan sebutan pelatih tarkam.

indonesia | 20:45 WIB
Tampilkan lebih banyak