Husna Rahmayunita
Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)

Gol.bolatimes.com - Asnawi Mangkualam santer dikabarkan menjadi kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 hingga membuat media Vietnam bereaksi.

Kabar Asnawi Mangkualam jadi kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 mulanya dibocorkan oleh akun Instagram Ansan Greeners, Rabu (21/12/2022).

Bila benar terjadi, ini merupakan kali kedua Asnawi Mangkualam menjadi kapten Skuad Garuda di Piala AFF, setelah di edisi sebelumnya juga mengemban tugas tersebut.

"Luar Biasa! Pemain Timnas Indonesia U-23 Pakai Ban Kapten di 2 Piala AFF Berturut-turut," tulis TheThao247 dikutip Kamis (22/12/2022).

Sebelumnya, di Piala AFF 2022, Asnawi Mangkualam mendapat kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong menjadi kapten Timnas Indonesia untuk menggantikan Evan Dimas.

Namun, menurut TheThao247, pemain berusia 23 tahun itu sempat mendapat teguran dari Shin Tae-yong terkait insiden dengan winger Singapura Faris Ramli.

Asnawi Mangkualam sempat viral karena mengejek Faris Ramli yang gagal mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia hingga dihujani kritik.

"Tindakan (Asnawi) tersebut membuat pelatih Shin Tae-yong tidak nyaman, dan memperingatkan Asnawi dengan mencopot ban kapten sang pemain," imbuhnya.

Ban kapten Timnas Indonesia lantas diberikan kepada Fachruddin Aryanto dan tak berganti hingga beberapa turnamen termasuk saat FiFA Matchday lawan Curacao.

"Patut dicatat, meski baru berusia 23 tahun, Asnawi Mangkualam sudah dua kali mengenakan ban kapten dalam dua Piala AFF berturut-turut," tutupnya.