Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) bersama kapten tim Fachruddin Aryanto dalam konferens jelang pertandingan melawan Kamboja di Piala AFF 2022. [Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha]

Gol.bolatimes.com - Kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto mengaku puas dengan komposisi pemain di Piala AFF 2022. Ia pun yakin bisa membawa pulang gelar juara edisi kali ini.

Fachruddin menyebut skuad Timnas Indonesia saat ini cukup berimbang. Selain diisi para pemain muda berbakat, juga dilengkapi dengan penggawa yang sudah punya banyak pengalaman.

Selain itu, Timnas Indonesia kali ini diisi pemain-pemain naturalisasi jempolan dalam diri Marc Klok, Ilija Spasojevic, dan Jordi Amat.

Baca Juga:
Jelang Bentrok di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Soroti Perbedaan Kondisi Kamboja dengan Timnas Indonesia

"Ya mungkin dari terutama yang tahun terakhir kemarin ya bahwa kita banyak dihuni pemain muda, terus sekarang banyak ada kombinasi, naturalisasi," kata Fachruddin dalam konferensi pers jelang matchday pertama Grup A kontra Kamboja di Stadion Utama Geora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (22/12/2022).

"Dengan banyak pemain yang kemarin juga sudah pengalaman juga di laga internasional, saya berharap tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya,'' imbuhnya.

Fachruddin menyatakan persiapan Timnas Indonesia berjalan lancar. Meski, memang tidak ideal lantaran nihil uji coba dan BRI Liga 1 2022/2023 sempat dihentikan karena Tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Piala AFF 2022 Disebut jadi Drama Korea karena Tiga Tim Ditukangi Pelatih Korsel, Shin Tae-yong Ogah Mengalah

Piala AFF edisi ini jadi yang keenam untuk Fachruddin. Dalam lima edisi sebelumnya pesepak bola 33 tahun tersebut selalu gagal mempersembahkan gelar juara.

Tahun ini Fachruddin optimistis timnas Indonesia bisa menjadi juara. Keyakinan tersebut muncul karena melihat komposisi pemain dan persiapan yang dilakukan.

"Terus seperti Anda bilang enggak ada kompetisi ya, oke memang kita sebagai pemain juga bisa merasakan, tapi kita juga enggak mau menjadikan itu alasan, kita harus berjuang apapun kondisinya bahwa kita sudah di depan mata untuk turnamen tersebut," ucapnya.

Baca Juga:
Witan Sulaeman Tak Peduli Siapa yang Cetak Gol, Terpenting Timnas Indonesia Kalahkan Kamboja

"Mungkin harapan kita dan saya pribadi bahwa bukan hanya saya, yang lain juga bahwa pemain yang tahun kemarin masih banyak juga yang kumpul di AFF sekarang. Jadi mungkin itu bisa menjadi nilai lebih kita, mungkin hanya satu atau dua pemain saja yang berganti," pungkasnya.

Timnas Indonesia bakal menjamu Kamboja pada laga perdana Grup A Piala AFF 2022. Pertandingan tersebut dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (23/12/2022).

Baca Juga:
Termasuk Ilija Spasojevic, Berikut 5 Pemain Tertua di Piala AFF 2022