Muhammad Ilham Baktora
Desain Bola Bersatu yang digunakan dalam gelaran Piala AFF 2022. (Twitter)

Gol.bolatimes.com - Gelaran Piala AFF 2022 telah memainkan empat pertandingan dari Grup A dan B. Hasil dari pertandingan tersebut tercipta 17 gol atau jika di rata-rata ada 4,2 gol dalam satu pertandingan.

Thailand dan Vietnam adalah dua tim yang mengemas kemenangan besar dengan skor 5-0 saat Thailand vs Myanmar dan 6-0 saat Vietnam mengalahkan Laos.

Selain kehebatan masing-masing tim, ada peran bola yang digunakan dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga:
Malas Bahas Kekuatan Timnas Thailand, Shin Tae-yong Pilih Fokus ke Tim Sendiri

Memang belum banyak diketahui, bola apa yang digunakan dalam perhelatan kompetisi Piala AFF 2022 ini. Bernama Bola Bersatu adalah bola resmi yang digunakan di kompetisi ini.

Dari laporan snesports.co, bola Bersatu diproduksi oleh perusahaan di Thailand bernama Warrix. Bukan tanpa alasan penyelenggara menamakan bola tersebut.

Bersatu terinspirasi dari persatuan, cinta, dan harmoni yang merupakan energi besar masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga:
Disebut Shin Tae-yong 'Remehkan' Timnas Indonesia, Pelatih KV Mechelen Bongkar Alasan Tak Lepas Sandy Walsh

"Bola ini juga menunjukkan kerjasama, persatuan, dan kesatuan masyarakat kawasan ASEAN," ulas pernyataan itu dikutip, Kamis (22/12/2022).

Memang tak jauh dari bola kebanyakan, Bersatu memiliki pembeda dari teknologi yang disematkan. Bola ini didesain dengan sangat modern dan diproduksi dengan menggunakan fitur Thermo Bonded.

Fitur Thermo Bonded merupakan teknologi pembuatan bola tanpa metode jahitan. Dengan menyematkan teknolog tersebut Bola Bersatu lebih berbobot dan seimbang ketika dimainkan.

Baca Juga:
Ambisius Bersaing di Empat Besar Liga Inggris, Jurgen Klopp Incar Sofyan Amrabat Merapat ke Anfield

Hal ini yang membantu setiap pemain lebih mudah menguasai pantulan bola yang terjadi ketika bertarung untuk meraih hasil positif di Piala AFF 2022.