Husna Rahmayunita
Penyerang Atletico Madrid, Luis Suarez selebrasi angkat telpon usai bobol gawang Barcelona. (JAVIER SORIANO / AFP)

Gol.bolatimes.com - Pemain kawakan yang jadi incaran klub Arab Saudi. Muncul nama megabintang asal Portugal Cristiano Ronaldo dan bomber Uruguay Luis Suarez

Rata-rata karier seorang pemain hanya bisa bertahan 18 hingga 20 tahun saja di level tertinggi. Hal ini berlaku di Eropa.

Sebagai kiblat sepak bola, benua biru menerapkan standar tinggi dalam merekrut pemain, terutama soal usia. Pasalnya, banyak tim-tim Eropa menolak mendatangkan pemain yang berusia di atas 35 tahun dan memilih merekrut pemain muda.

Alasan utamanya tentu karena fisik pemain yang dianggap kurang mumpuni karena telah dimakan usia karena melewati usia 35 tahun.

Selain faktor usia, faktor lainnya seperti gaji juga menjadi alasan mengapa banyak tim Eropa enggan merekrut pemain di atas usia 35 tahun yang memiliki bayaran besar.

Hal inilah yang tengah dialami dua penyerang veteran dengan nama besar seperti Cristiano Ronaldo dan juga Luis Suarez.

Keduanya saat ini tengah berada dalam ketidakpastian akan masa depannya karena berstatus tanpa klub usai meninggalkan klub-klubnya.

Cristiano Ronaldo berstatus tanpa klub usai memutuskan berpisah dengan Manchester United di tengah-tengah perhelatan Piala Dunia 2022.

Sedangkan Luis Suarez memutuskan pergi dari Nacional di akhir tahun 2022 usai membawa tim masa kecilnya itu menjadi juara.

Karena sama-sama berstatus tanpa klub, bisa saja keduanya bergabung tim-tim Eropa. Nahas, sejauh ini tak ada tawaran masuk bagi kedua bintang tersebut.

Malahan tawaran justru datang dari timur, tepatnya dari tim-tim kaya Arab Saudi yang punya kekuatan finansial untuk memberikan keduanya bayaran masif di sisa kariernya.

Jadi Primadona Klub Arab Saudi

Dilaporkan dari berbagai sumber, baik Cristiano Ronaldo dan Luis Suarez menjadi primadona bagi klub-klub Arab Saudi setelah berstatus tanpa klub.

Cristiano Ronaldo yang telah berusia 37 tahun menjadi incaran tim Arab Saudi, yakni Al Nassr. Bahkan ia telah diincar sejak dirinya berpisah dengan Manchester United.

Al Nassr pun tak main-main dalam usahanya mendatangkan pemain berpaspor Portugal itu. Klub kaya tersebut bahkan menyiapkan dana 200 juta euro (Rp3,3 triliun) per musimnya.

Bahkan, Al Nassr berencana memberikan kontrak berdurasi 2,5 tahun kepada Ronaldo, sehingga ia bisa mengantongi bayaran 500 juta euro (Rp8,3 triliun).

Tak cukup sampai di situ, kantong Ronaldo pun akan jebol menyusul pemerintah Arab Saudi yang berencana mengontraknya hingga 2030 untuk menjadi duta besar dan mempromosikan negara kaya tersebut sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Hampir sama dengan Cristiano Ronaldo, Luis Suarez yang telah berusia 35 tahun itu juga tengah didekati klub Arab Saudi, yakni Al Khaleej.

Namun berbeda dengan Ronaldo, eks penyerang berusia 35 tahun itu tak mendapat bayaran masif dan kontrak panjang yakni 18 bulan dengan total nilai sebesar 6 juta dolar AS (Rp93 miliar).

Meski mendapat tawaran tersebut, Suarez tampaknya memilih bertahan di Amerika Selatan, mengingat ada klub Brasil, Gremio, yang mendekatinya.

Sedangkan Cristiano Ronaldo saat ini berada dalam tahap negosiasi dengan Al Nassr. Hingga kini, sang mega bintang belum memutuskan masa depan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie