Rauhanda Riyantama
Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman gabung Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan pemain arahan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia yang kerap mengalahkan Thailand di kategori kelompok umur jelang pertemuan kedua tim di Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akan melanjutkan kampanyenya di fase grup Piala AFF 2022 dengan menjamu Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (29/12).

Laga ini sendiri akan menjadi laga panas, mengingat duel ini  akan mempertemukan dua tim yang belum terkalahkan dan dua tim yang duduk di posisi atas klasemen sementara grup A.

Baca Juga:
Netizen Malaysia Hujat Wasit yang Beri Hadiah Penalti Kontroversial saat Laga Vietnam vs Malaysia

Timnas Indonesia belum menelan kekalahan satu pun dari dua laganya di grup A usai menang 2-1 atas Kamboja dan menang 7-0 atas Brunei Darussalam.

Senada dengan skuad Garuda, Thailand juga belum terkalahkan dalam dua laga grup A usai menang 5-0 atas Brunei Darussalam dan menang 4-0 atas Filipina.

Selain status keduanya sebagai tim yang belum terkalahkan, duel Timnas Indonesia vs Thailand ini juga akan mengulangi final Piala AFF 2020 lalu atau edisi sebelumnya.

Baca Juga:
Santuy, Hendra/Ahsan Tak Pasang Target Muluk-muluk Hadapi Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Di final Piala AFF 2020 lalu, anak asuh Shin Tae-yong dibuat tak berkutik oleh Thailand yang berhasil menang dengan agregat 6-2 dalam format dua leg tersebut.

Tak pelak jelang laga ketiga grup A Piala AFF 2022 ini, Thailand kembali diunggulkan menang atas Timnas Indonesia kendati berstatus tim tamu.

Meski begitu, Timnas Indonesia diyakini akan memberikan perlawanan atas Thailand. Apalagi ada sederet pemain yang kerap meraih kemenangan atas tim Gajah Perang di level kelompok umur.

Baca Juga:
Momen Keputusan Kontroversial Wasit yang Beri Hadiah Penalti saat Laga Vietnam vs Malaysia

Siapa saja pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1. Saddil Ramdani

Winger Timnas Indonesia, Saddil Ramdani punya pengalaman manis saat mengalahkan Thailand di level kelompok umur, tepatnya pada tahun 2017 silam.

Baca Juga:
Anggap Duel Lawan Thailand Bak Final, Shin Tae-yong Singgung Mental Pemain Timnas Indonesia

Saat itu, Saddil berhasil mencetak gol berhasil membuat Timnas Indonesia menghajar Thailand dengan skor cukup telak, yakni 3-0, di laga yang dihelat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang (8/10/17).

2. Syahrian Abimanyu

Pencetak gol pertama di laga Piala AFF 2022 kontra Brunei Darussalam, Syahrian Abimanyu, juga pernah membuat Thailand menelan kekalahan berkat golnya di tahun 2017 silam.

Di laga yang sama dengan Saddil Ramdani itu, Abimanyu berhasil menyumbangkan satu gol dari kemenangan 3-0 Timnas Indonesia U-19 atas Thailand U-19.

3. Egy Maulana Vikri

Saat Timnas Indonesia U-19 menggulung Thailand U-19 dengan skor 3-0, Egy Maulana Vikri juga berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Ia berhasil mencetak gol pembuka di laga yang dihelat di Stadion Wibawa Mukti Cikarang pada 2017 itu sebelum disusul Abimanyu dan Saddil.

4.Rachmat Irianto

Gelandang bertahan andalan Shin Tae-yong, Rachmat Irianto, juga pernah membuat Thailand menelan kekalahan berkat aksinya.

Hal tersebut terjadi pada 2019 lalu di level U-22, di mana Rachmat Irianto bermain selama 31 menit dan membawa Timnas Indonesia menggulung Thailand U-22 dengan skor 2-0 sehingga menjuarai Piala AFF 2022.

5. Asnawi Mangkualam

Di skuad Timnas Indonesia saat ini, mungkin hanya Asnawi Mangkualam yang paling sering merasakan kemenangan atas Thailand di level kelompok umur.

Tercatat ia mampu membawa skuad Garuda menang atas Thailand di level U-19, level U-22, dan juga pada SEA Games 2019 lalu.

6. Witan Sulaeman

Meski jarang mencetak gol ke gawang Thailand di kelompok umur, Witan Sulaeman memberi dampak pada permainan Timnas Indonesia sehingga bisa mengalahkan rivalnya itu.

Hal tersebut terjadi pada tahun 2017 lalu dan juga di final Piala AFF U-22 2019, di mana Witan bermain dan membawa Indonesia menang atas Thailand.

Kontributor: Felix Indrajaya