Gagah Radhitya Widiaseno
Timnas Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022. (Instagram/@theaseanfootball)

Gol.bolatimes.com - Vietnam mendapatkan penalti kontroversial saat lawan Malaysia di lanjutan fase grup B Piala AFF 2022. Padahal sebelumnya, media Vietnam menuduh kalau Timnas Indonesia bayar wasit di Piala AFF 2022.

Laga Vietnam vs Malaysia mendadak menjadi sorotan publik. Pasalnya, banyak insiden janggal yang terjadi di laga panas ini, salah satunya momen penalti 'hantu' Vietnam.

Vietnam berjumpa dengan Malaysia di matchday ketiga grup B Piala AFF 2022, Selasa (27/12/2022). Laga tersebut berakhir dengan kemenangan Vietnam dengan skor 3-0.

Baca Juga:
6 Pemain Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong yang Sering Kalahkan Thailand di Kategori Kelompok Umur

Dalam pertandingan yang berjalan selama 90 menit, terdapat momen kontroversi tepatnya di menit ke-59.

Saat itu, fullback kiri Timnas Vietnam Doan Van Hau coba menerobos pertahanan Malaysia. Namun, bek Malaysia Azam Azmi menutup pergerakan pemain tersebut.

Laga Vietnam vs Malaysia yang kontroversi. (Twitter/@theaseanball)

Azam pun tak segan-segan membuang bola tersebut ke arah permainan Vietnam. Di saat bersamaan, Azam terpental ke papan iklan yang berada di luar lapangan.

Baca Juga:
Netizen Malaysia Hujat Wasit yang Beri Hadiah Penalti Kontroversial saat Laga Vietnam vs Malaysia

Setelah duel perebutan bola di kotak 16 Malaysia itu, wasit sejatinya sempat melanjutkan laga.

Namun wasit Ryuji Sato tiba-tiba menghentikan pertandingan dan berdiskusi dengan asisten wasit yang berujung penalti dan kartu merah untuk Azam Azmi.

Que Ngoc Hai yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Singkat kata, Vietnam menang 3-0 atas Malaysia lewat gol-gol dari Nguyen Tien Linh pada menit 28, Que Ngoc Hai (64’) dan Nguyen Hoang Duc (83’).

Baca Juga:
Santuy, Hendra/Ahsan Tak Pasang Target Muluk-muluk Hadapi Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Penalti kontroversial ini pun kemudian menjadi cibiran publik. Jauh sebelum insiden ini, ternyata salah satu media Vietnam, The Thao 247, pernah menuduh Timnas Indonesia bayar wasit di Piala AFF 2022.

Penilaian itu muncul karena pelatih Timnas Brunei Darussalam, Mario Rivera, merasa dirugikan dengan sejumlah keputusan wasit asal Korea Selatan, Kim Hee-gon, saat timnya kalah 0-7 dari Timnas Indonesia.

“Indonesia dituduh menyuap wasit di Piala AFF 2022,” tulis The Thao 247 dalam judul artikelnya.

“Pelatih Brunei Mario Rivera mempertanyakan wasit yang dinilainya tidak adil,” lanjut media asal Vietnam tersebut.

Kalau begini, apakah media Vietnam tersebut akan mengakui kalau kinerja wasit di laga Vietnam vs Malaysia salah?