Muhammad Ilham Baktora
Bek Kamboja Sareth Krya usai bobol gawang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Instagram/@ffc_official_ig)

Gol.bolatimes.com - Timnas Kamboja tak akan melewatkan kesempatan untuk mencetak banyak gol saat menjamu Brunei Darussalam di Stadion Morodok Techo National, Phnom Penh, Kamis (29/12/2022). Hal itu merupakan ambisi pelatih Kamboja Ryu Hirose untuk mengungguli jumlah gol Timnas Indonesia saat melumat Brunei Darussalam, 7-0.

Bukan tanpa alasan Kamboja punya target tinggi itu, Ryu Hirose masih percaya timnya bisa naik peringkat untuk mendapat tiket lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Meskipun peluang Kamboja untuk lolos ke semifinal masih terbuka, saat ini mereka hanya memiliki tiga poin dari dua pertandingan dan tertinggal tiga poin dari Thailand dan Indonesia.

Baca Juga:
Akun Resmi Timnas Thailand Sapa Suporter Indonesia Lewat Media Sosial, Netizen: Ga Usah Galak-galak ya Bang Mainnya

Maka dari itu, jumlah gol yang dicetak ke gawang Brunei Darussalam nanti sore adalah kesempatan untuk mengalahkan kompetito sebelumnya yaitu Indonesia dan Thailand.

"Untuk pertandingan selanjutya [melawan Brunei Darussalam], hal paling penting adalah mendapatkan tiga poin demi menjaga peluang kami. Sebagai tambahan, kami ingin mencetak gol sebanyak mungkin untuk mengalkulasi posisi kami dengan tim lain di klasemen," terang Hirose dikutip dari laman resmi AFF, Kamis.

Jika hasil pertandingan petang nanti sesuai rencana Ryu Hirose, perebutan tiket lolos ke semfinal akan semakin sengit.

Baca Juga:
Duel Panas Timnas Indonesia vs Thailand, Mano Polking Sebut Shin Tae-yong Pelatih Fantastis

Pelatih tim nasional Kamboja Ryu Hirose (kiri) dan kapten skuadnya Soeyu Visal memberikan pernyataan kepada media tentang laga kontra Indonesia di Grup A Piala AFF 2022, Jumat (24/12), dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (23/12/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

Terpisah, Brunei Darussalam sudah kebobolan 17 gol. Ia menjadi tim pertama yang tersingkir di gelaran Piala AFF 2022 meski masih memiliki satu pertandingan terakhir menghadapi Kamboja.

Meski demikian, pelatih Mario Rivera tak mau pulang dengan tangan kosong. Ia bertekad bisa meraih satu kali kemenangan di fase grup ini.

Namun begitu, skuad Tebuan harus kehilangan pemain pentingnya, Mohammad Alinur Rashimy. Tak hanya itu, tiga pemain Brunei dilaporkan cedera.

Baca Juga:
Congkaknya Sarach Yooyen, Berkoar Thailand Bisa Kalahkan Timnas Indonesia 2-0

"Kami dalam kondisi yang kurang baik setelah tiga pertandingan dalam tujuh hari kemarin. Tiga pemain cedera dan satu pemain diganjar kartu merah," kata Mario Rivera.

Pada urutan klasemen sementara di grup A, Kamboja masih mengekor di urutan ketiga dari Thailand dan Indonesia. Kamboja mengemas 3 poin setelah menang dari Filipina dan tumbang oleh Indonesia.

Sementara Brunei Darussalam tak mengoleksi poin satu pun dan berada di peringkat terakhir klasemen grup A.