Arif Budi Setyanto
Timnas Indonesia vs Thailand. (Dok. AFF)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia vs Thailand dalam lanjutan Piala AFF 2022, Kamis (29/12/2022) berakhir imbang dengan skor 1-1. Hasil ini membuat tim Gajah Perang tak bisa 'main mata' untuk menumbalkan skuad Garuda gagal lolos dari fase grup.

Bermain di kandang sendiri, timnas Indonesia nyaris menang karena unggul lebih dulu berkat gol Marc Klok dari tendangan penalti. Tim asuhan Shin Tae-yong juga unggul pemain karena lawannya mendapatkan kartu merah.

Akan tetapi, Thailand bisa mencetak gol lewat tendangan Sarach Yooyen. Tim berjuluk Changsuek ini akhirnya menahan imbang timnas Indonesia dengan skor 1-1.

Baca Juga:
Netizen Indonesia dan Malaysia Bersatu, Serang Pemain Vietnam Doan Van Hau usai Kontroversi di Piala AFF 2022

Hasil pertandingan ini membuat tiga tim di grup A berpotensi lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Ketiganya adalah Thailand, Indonesia, dan Kamboja.

Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Suphanan Bureerat (kiri) dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Indonesia dan Thailand bermain imbang 1-1. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom).

Nah, di laga terakhir fase grup Thailand bakal menghadapi Kamboja. Sedangkan timnas Indonesia akan melawam Filipina.

Thailand dan Kamboja nasibnya bergantung dengan diri sendiri. Thailand minimal harus imbang jika ingin melenggang ke semifinal.

Baca Juga:
Kontroversi Terjadi di Laga Vietnam vs Malaysia, Ini Pembelaan Park Hang-seo

Andai tim asuhan Mano Polking kalah, Kamboja dipastikan lolos ke semifina. Sedangkan Thailand harus menunggu hasil dari timnas Indonesia melawan Filipina.

Situasi itu membuat Thailand tidak akan bisa main mata. Sebab, mereka pernah mendapatkan dugaan tersebut kala turnamen Piala AFF U-19 2022 lalu.

Pasalnya kala itu Thailand dan Vietnam yang bertanding diduga main mata. Keduanya bermain imbang 1-1 yang membuat timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke fase gugur karena kalah dari hitung-hitungan head to head.

Baca Juga:
Momen Duel Panas Vietnam vs Malaysia, Pemain Beri Sikutan hingga Wasit Kasih Hadiah Penalti Kontroversial