Husna Rahmayunita
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Syahrian Abimanyu Cs usai jebol gawang Brunei Darussalam di Piala AFF 2022. (Instagram/pssi)

Gol.bolatimes.com - Sederet alasan mengapa Timnas Indonesia bisa menang besar atas Filipina di laga terakhir grup A Piala AFF 2022 yang akan digelar di Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1/2023).

Laga ini menjadi laga hidup mati karena akan menentukan lolos atau tidaknya skuad Garuda arahan Shin Tae-yong tersebut.

Sebagai informasi, saat ini di grup A masih ada tiga tim yang berpeluang lolos ke semifinal. Selain Timnas Indonesia, ada pula Thailand dan Kamboja yang akan saling berhadapan.

Karena hanya ada dua tiket saja untuk lolos ke semifinal, ketiga tim ini mau tak mau harus meraih kemenangan di laga terakhir grup A Piala AFF 2022.

Namun kemenangan saja tak cukup. Ketiga tim juga perlu meraih kemenangan besar agar bisa lolos ke semifinal sebagai juara grup.

Sebab, jika berhasil lolos ke semifinal dengan status juara grup, maka tim tersebut akan berhadapan lawan yang lebih mudah dari grup B di babak empat besar.

Alhasil, Timnas Indonesia pun harus menang besar atas Filipina agar bisa lolos sebagai juara grup A dan bertemu lawan mudah di semifinal Piala AFF 2022.

Meski belakangan lini serang menjadi sorotan karena kerap buang-buang peluang, ada tiga alasan mengapa Timnas Indonesia bisa menang besar atas Filipina di laga nanti.

Apa saja alasan tersebut? Berikut rangkumannya.

1. Pertahanan Filipina yang Rapuh

Salah satu kunci agar Timnas Indonesia bisa menang besar atas Filipina adalah pertahanan lawannya yang tak begitu solid atau rapuh.

Hal ini terbukti sepanjang Piala AFF 2022 ini, di mana Filipina telah kebobolan delapan gol dari tiga laga, atau rata-rata kebobolan 2,6 gol per pertandingan.

Catatan ini menjadi yang terburuk ketiga setelah Brunei Darussalam dan Laos. Alhasil, catatan ini bisa dieksploitasi barisan depan Timnas Indonesia untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya.

2. Banyak Menciptakan Peluang

Meski kerap buang-buang peluang, Timnas Indonesia punya keunggulan dalam menciptakan atau mengkreasikan peluang berbuah gol.

Sepanjang Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia mampu melepaskan 54 tembakan dengan 22 tembakan tepat sasaran yang menghasilkan 10 gol.

Catatan ini menandakan bahwa Timnas Indonesia punya banyak peluang mencetak gol. Banyaknya peluang ini pun akan membuat pemain punya banyak kesempatan mencetak gol dalam sebuah laga.

3. Insting Mencetak Gol yang Tinggi

Berbicara soal insting mencetak gol, Timnas Indonesia patut bersyukur karena seluruh pemainnya punya kemampuan penyelesaian akhir atau Finishing yang mumpuni.

Hal ini terbukti di laga kontra Brunei Darussalam, di mana tujuh gol yang diciptakan Timnas Indonesia berasal dari tujuh pemain berbeda.

Andai lini serang tumpul, Timnas Indonesia pun tak perlu panik karena memiliki barisan gelandang dan bek yang juga andal dalam mencetak gol dari situasi Open Play maupun Set Pieces.

Kontributor: M Faiz Alfarizie