Irwan Febri Rialdi
Jordi Amat saat lakoni debut bersama Timnas Indonesia lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/jordiamat5)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, diprediksi akan menurunkan susunan pemain yang berbeda saat melawan Filipina karena absennya Jordi Amat pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022.

Duel penentuan Timnas Indonesia versus Filipina ini tidak akan diwarnai dengan kehadiran Jordi Amat lantaran bek tengah kelahiran Spanyol ini mendapat hukuman larangan bermain.

Sebab, sampai sejauh ini Jordi Amat sudah dua kali mengantongi kartu kuning. Artinya, ia bakal absen ketika Indonesia dan Filipina Bentrok di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1/2023).

Absennya Jordi juga telah dikonfirmasi oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Dia meyakini, Shin Tae-yong sudah memiliki alternatif lain tanpa kehadiran bek naturalisasi itu.

“Jordi Amat akumulasi kartu kuning. Jadi tidak bisa dimainkan. Tentu Shin Tae-yong sudah punya alternatif lainnya,” kata Iriawan seperti dikutip dari Antara.

Jika Jordi Amat absen, tentu komposisi lini pertahanan Timnas Indonesia akan mengalami perubahan. Sebab, duet di sektor bek tengah bakal diisi nama lain.

Shin Tae-yong diprediksi akan menurunkan Rizky Ridho untuk menemani Hansamu Yama Pranata, seperti halnya ketika laga kedua Grup A melawan Brunei Darussalam.

Adapun posisi bek sayap akan dihuni oleh Edo Febriansyah (bek kiri) dan Yakob Sayuri (bek kanan). Rotasi ini sangat penting untuk menjaga kebugaran pemain pada laga semifinal nanti.

Di lini tengah, Shin Tae-yong diprediksi akan menurunkan Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Marselino Ferdinan.

Lalu, tiga pemain di lini serangnya ialah Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani yang beroperasi di sektor sayap untuk menopang Ilija Spasojevic di lini serang.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Filipina:

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Yakob Sayuri, Hansamu Yama, Rizky Ridho, Edo Febriansyah; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan; Saddil Ramdani, Ilija Spasojevic, Witan Sulaeman;

Kontributor: M Faiz Alfarizie