Rauhanda Riyantama
Wout Faes, bek Leicester City yang cetak dua gol bunuh diri untuk kemenangan Liverpool 1-2. (AFP)

Gol.bolatimes.com - Bek Leicester City, Wout Faes, barangkali menjadi salah satu pemain yang paling apes ketika timnya tumbang dari Liverpool pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023.

Sebab, Wout Faes justru mencetak gol bunuh diri yang memberikan hadiah kemenangan untuk Liverpool di saat Leicester City sudah sempat unggul terlebih dahulu.

Awalnya, Leicester City sempat unggul cepat via gol Kiernan Dewsbury-Hall melalui serangan balik kilat yang tercipta pada menit keempat.

Baca Juga:
Tak Tertarik Ikuti Jejak Ronaldo ke Klub Arab Saudi, Luis Suarez Pilih Gabung ke Klub Brasil

Namun, secara mengejutkan, Wout Faes justru mencetak dua gol bunuh diri pada pertandingan ini. Masing-masing aksi konyolnya tersebut terjadi pada menit ke-38 dan 45’.

Gol bunuh diri pertama terjadi ketika ia mencoba menghalau umpan silang Trent Alexander-Arnold, sedangkan yang kedua tercipta saat ia salah mengontrol bola ketika sepakan Darwin Nunez yang membentur tiang gawang.

Akibat dua gol bunuh dirinya tersebut, Wout Faes membuat Leicester City kalah dengan skor tipis 1-2 dari Liverpool

Baca Juga:
Striker Timnas Indonesia Tertantang Bisa Gacor saat Tandang ke Filipina yang Gunakan Rumput Sintetis

Profil Wout Faes

Wout Faes merupakan pesepak bola yang tercatat lahir dari Mol, Belgia, pada 3 April 1998. Pemain berusia 24 tahun ini posisinya sebagai bek tengah.

Pada masa-masa awal kariernya, Wout Faes menimba ilmu sepak bola bersam Rauw Spor Mol (2003-2006), Lierse (2006-2012), hingga Anderlecht (2012-2016).

Baca Juga:
Piala AFF 2022: Nadeo Argawinata Waspadai Rumput Lapangan saat Tandang ke Markas Filipina

Wout Faes, bek Leicester City yang cetak dua gol bunuh diri untuk kemenangan Liverpool 1-2. (AFP)

Bersama klub yang disebut terakhir itu pula, Wout Faes mendapat kesempatan untuk promosi ke tim utama. Namun, ia belum sempat mendapat menit bermain.

Sebab, Wout Faes harus menjalani sejumlah masa peminjaman bersama Heerenveen (2017) dan Excelsior (2017-2018).

Setelah itu, pemain bernama lengkap Wout Felix Lina Faes ini melanjutkan kariernya bersama klub Belgia lain, yakni Oostende (2018-2020).

Baca Juga:
Bukan Mustahil, Begini Skenario Timnas Indonesia dan Kamboja Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Baru setelah itu, bek berpostur 187 cm ini memulai karier abroad pertamanya saat direkrut klub Prancis, Reims. Di klub ini, ia main selama dua tahun (2020-2022).

Pada 1 September 2022, Faes direkrut oleh klub Liga Primer Inggris, Leicester City, dengan durasi kontrak selama lima tahun. Saat itu, biaya transfernya mencapai 15 juta pounds.

Debutnya bersama Leicester City diwarnai kekalahan dengan skor 2-6 saat berjumpa Tottenham pada 17 September 2022.

Sebetulnya, Faes sempat memberikan dampak positif terhadap sektor pertahanan Leicester City pada tujuh laga sejak debut tersebut.

Namun, pada 30 Desember 2022, ia justru mencatatkan sejarah karena mencetak dua gol bunuh diri ketika duel melawan Liverpool. Dengan catatan ini, ia menjadi pemain keempat yang melakukannya dalam sejarah Liga Primer Inggris. 

Selain itu, Faes juga telah menjadi bagian dari timnas Belanda sejak di kelompok usia U-15, U-17, U-19, hingga U-21. 

Kontributor: M Faiz Alfarizie