Irwan Febri Rialdi
Timnas Vietnam di Piala AFF 2022. (Dok. AFF)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia bakal menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Leg pertama dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jumat (6/1/2023) pukul 19.30 WIB.

Skuad Garuda sendiri lolos ke semifinal usai hanya menjadi runner-up Grup A di bawah Thailand. Sementara itu, Vietnam lolos sebagai juara Grup B.

Timnas Indonesia mampu meraih tiga kemenangan dan sekali bermain imbang, hasil serupa juga didapatkan Vietnam dengan catatan tiga kemenangan dan satu kali imbang.

Namun dari segi pertahanan, Vietnam menjadi tim paling solid di penyisihan grup Piala AFF 2022. Skuad besutan Park Hang-seo itu tak pernah kebobolan gol.

Dari segi penyerangan Timnas Indonesia dan Vietnam tercatat sama-sama produktif karena kedua tim sama-sama mampu mencetak 12 gol dari empat laga.

Selain fakta ini, ada juga fakta menarik lain yaitu Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama memiliki 9 pemain berbeda yang sudah mencetak gol di Piala AFF 2022.

Di kubu Timnas Indonesia, ada Marc Klok, Dendy Sulistyawan, dan Egy Maulana Vikri yang sudah mencetak dua gol. Sedangkan Ilija Spasojevic, Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, dan Yakob Sayuri masing-masing mencetak satu gol.

Di kubu Vietnam, Timnas Indonesia harus mewaspadai ketajaman Nguyen Tien Linh yang sejauh ini sudah mencetak 3 gol.

Lini belakang Timnas Indonesia semakin harus waspada karena Nguyen Tien Linh tercatat cukup gemar membobol gawang skuad Merah Putih.

Penyerang berusia 25 tahun tersebut pernah dua kali membobol gawang Timnas Indonesia yang semuanya dicetak dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sementara delapan pemain Vietnam berikutnya yaitu Chau Ngoc Quang, Doan Van Hau, Do Hung Dung, Ho Tan Tai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Van Toan, dan Que Ngoc Hai, dan Vu Van Thanh masing-masing mencetak satu gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha