Rauhanda Riyantama
Pemain Vietnam, Doan Van Hau diserang netizen. (Instagram/doanvanhau_1904)

Gol.bolatimes.com - Timnas Vietnam menatap laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 dengan kekuatan penuh. Setidaknya ada tiga bintang The Golden Star yang patut diwaspadai Timnas Indonesia.

Laga Timnas Indonesia vs Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023). Suporter tuan rumah dipastikan bakal memenuhi stadion.

Jelang laga ini, Vietnam punya rekor apik, yakni belum kebobolan di Piala AFF 2022. Selain itu, mereka juga punya penyerang tajam dengan catatan sudah mencetak 12 gol dari 9 pemain berbeda.

Baca Juga:
Ketakutan Media Vietnam Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022, Sebut Stadion GBK

Namun ada 3 pemain Vietnam yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia, di mana salah satunya punya kenangan buruk mencederai Evan Dimas di final SEA Games 2019. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Doan Van Hau

Kolase Doan Van Hau dan Evan Dimas. (Dok. Bongda.vn).

Full back Vietnam itu punya sejarah buruk dengan Indonesia. Pemain asal klub Hanoi FC itu pernah membuat Evan Dimas tak bisa berjalan seusai laga Indonesia vs Vietnam pada laga final SEA Games 2019.

Baca Juga:
Jelang Hadapi Timnas Indonesia, Mantan Bek Vietnam Wanti-wanti Murid Park Hang-seo

Aksi jahil Van Hau itu kembali dilakukan di Piala AFF 2022 saat Vietnam bertemu Malaysia. Dalam laga tersebut, Van Hau sempat menyikut pemain Malaysia, Azam Azmi dalam upaya mengamankan bola agar bisa ditangkap kiper Dang Van Lam.

Azmi jatuh dan kesakitan, tapi Van Hau lolos dari hukuman wasit. Oleh karena itu, pemain Timnas Indonesia wajib waspada agar tidak terprovokasi.

2. Nguyen Tien Linh

Baca Juga:
Komentari Serangan Oknum Suporter Timnas Indonesia ke Bus Thailand, Park Hang-seo Sindir Soal Sanksi

Pemain Timnas Vietnam U-23, Nguyen Tien Linh. (Instagram/@nguyentienlinh201097, Bongda)

Timnas Indonesia harus mewaspadai ketajaman Nguyen Tien Linh yang sejauh ini sudah mencetak 3 gol di Piala AFF 2022 buat Vietnam.

Lini belakang Timnas Indonesia semakin harus waspada karena Nguyen Tien Linh tercatat cukup gemar membobol gawang skuad Merah Putih.

Penyerang berusia 25 tahun tersebut pernah dua kali membobol gawang Timnas Indonesia yang semuanya dicetak dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Siapa Penguasa Indonesia yang Ingin Beli Klub Liga Belgia. Erick Thohir atau Aburizal Bakrie?

3. Do Hung Dung

Do Hung Dung dipanggil Park Hang-seo ke timnas Vietnam U-23 untuk SEA Games 2021. (The Thao247)

Kapten Vietnam di Piala AFF 2022 ini juga bisa menjadi pemain yang berbahaya dan patut diwaspadai Timnas Indonesia. Meski bermain sebagai gelandang bertahan, ia punya insting mencetak gol yang bagus.

Ini terbukti dengan torehan satu gol dan satu assist yang dicetak olehnya dari empat pertandingan. Pergerakannya di lini tengah bisa sangat merepotkan jika tidak dikawal dengan baik.