Rauhanda Riyantama
Penyerang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022) sore. [dok. PSSI]

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan pemain Timnas Indonesia yang dicap egois sepanjang gelaran Piala AFF 2022, yang membuat pendukung dan para netizen Tanah Air geram bukan kepalang.

Piala AFF 2022 telah memasuki babak semifinal. Total sudah ada empat tim yang memastikan diri akan tampil di babak empat besar tersebut.

Salah satunya adalah Timnas Indonesia. Finalis edisi sebelumnya ini berhasil lolos ke semifinal usai menjadi Runner Up grup A di belakang Thailand.

Baca Juga:
Thailand Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022, Chanathip Songkrasin Tiba-tiba Muncul di Tim Gajah Perang

Dalam empat laga yang dimainkan di fase grup, skuad Garuda mampu meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang dengan catatan memasukkan 12 gol dan kebobolan 3 gol.

Belum terkalahkannya Timnas Indonesia serta catatan positif dari gol yang diciptakan tak lepas dari penampilan para pemainnya.

Namun penampilan apik anak asuh Shin Tae-yong ini dibarengi fakta menyedihkan, bahwa ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang mengundang kritik dari para pendukungnya dan netizen.

Baca Juga:
Mirip Bocah, Momen Park Hang-seo Ngambek hingga Tinggalkan Sesi Konpres Lebih Cepat saat Perwakilan PSSI Hadir

Kritik ini diberikan menyusul penampilan beberapa pemain Timnas Indonesia yang egois di mata para pendukungnya dan netizen Tanah Air.

Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang dicap egois sepanjang gelaran Piala AFF 2022 ini? Berikut daftarnya.

1. Egy Maulana Vikri

Baca Juga:
Momen Park Hang-seo Ngambek di Konferensi Pers Timnas Indonesia vs Vietnam, Merasa Dimata-matai

Egy Maulana Vikri menjadi sosok yang paling sering jadi bulan-bulanan pendukung dan netizen Tanah Air karena dicap egois sepanjang Piala AFF 2022 ini.

Pemain berusia 22 tahun ini dicap egois karena sering terlalu lama memegang bola dan tak melihat posisi rekannya yang kosong. Hal ini terlihat sejak laga pertama hingga laga terakhir fase grup.

2. Ricky Kambuaya

Baca Juga:
Shin Tae-yong Janji Timnas Indonesia Main Keren saat Hadapi Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Ricky Kambuaya juga tak luput dari kritik pendukung dan netizen Tanah Air di Piala AFF 2022 ini usai banyak menggocek bola ketimbang memberikan bola ke rekannya.

Puncaknya terjadi di laga terakhir fase grup kontra Filipina, di mana Kambuaya enggan mengoper bola ke Ilija Spasojevic kendati dalam situasi 2vs1 dengan bek lawan.

3. Saddil Ramdani

Posisi winger memang rentan kehilangan bola secara terus menerus. Hal inilah yang membuat Saddil Ramdani dicap sebagai pemain egois karena kebiasaannya yang kerap hilang penguasaan bola.

Sebagai winger, tugas Saddil memang membongkar pertahanan lawan dengan dribel dan operannya. Namun sepanjang Piala AFF 2022 ini, ia kerap kehilangan bola sehingga merusak momentum serangan Timnas Indonesia.

4. Pratama Arhan

Tak hanya winger, posisi bek sayap juga kerap kehilangan bola saat melakukan tusukan. Hal tersebut pun membuat Pratama Arhan kerap mendapat kritikan di Piala AFF 2022 ini.

Pemain muda terbaik Piala AFF 2020 lalu itu juga dicap egois karena kerap tak melihat posisi rekannya. Hal ini terlihat di laga kontra Thailand, di mana Arhan enggan mengirim operan ke Yakob Sayuri yang bebas.

Kontributor: Felix Indrajaya