Husna Rahmayunita
Bek kanan timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam masuk nominasi bek terbaik di fase grup Piala AFF 2022. (Dok. affmitsubishielectriccup.com)

Gol.bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam masuk nominasi bek terbaik fase grup Piala AFF 2022. Ia bersaing dengan pemain Vietnam Doan Van Hau.

Piala AFF 2022 telah merampungkan penyisihan grup dan kini telah sampai di babak semifinal yang diramaikan oleh empat tim yakni Thailand, Timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia.

Thailand lolos ke babak empat besar dengan status juara grup A, sedangkan Timnas Indonesia runner up. Dari grup B, Vietnam yang menempati puncak klasemen, disusul Malaysia.

Akun ofisial Piala AFF 2022 mengumumkan deretan bek terbaik selama babak fase grup. Terpilihlah lima nama pemain yang dianggap tampil impresif menjaga benteng pertahanan timnas masing-masing.

Namun, nama bek naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat tak masuk daftar meski dinilai publik menunjukkan performa apik selama babak penyisihan. Wakil Indonesia yang masuk nominasi adalah Asnawi Mangkualam.

Pemain klub K2 League, Ansan Greeners itu bersaing dengan empat bek lainnya yakni Doan Van Hau (Vietnam), Irfan Fandi (Singapura), Sasalak Haiprakhon (Thailand) dan Sharul Nazeem (Malaysia).

Kelimanya masuk jajaran bek terbaik berdasarkan hasil penilaian selama babak penyisihan  Piala AFF 2022.

Adapun semifinal Piala AFF 2022 digelar mulai Jumat (6/1/2023), di mana menampilkan pertandingan leg pertama Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Keesokan harinya, giliran Malaysia yang akan menghadapi Thailand di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.