Rauhanda Riyantama
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan berebut bola dengan pemain VIetnam saat pertandingan semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Jumat (6/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

Gol.bolatimes.com - Mengupas syarat yang harus dipenuhi Timnas Indonesia agar bisa lolos ke babak final Piala AFF 2022, mengingat saat ini peluang skuad Garuda belum tutup sepenuhnya.

Timnas Indonesia masih berpeluang untuk lolos ke babak final Piala AFF 2022 setelah melakoni leg pertama semifinal kontra Vietnam, Jumat (6/1).

Dalam leg pertama yang berlaku di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini, anak asuh Shin Tae-yong harus puas bermain imbang tanpa gol melawan rivalnya itu.

Baca Juga:
5 Pemain Keturunan yang Tolak Panggilan Timnas Indonesia, Salah Satunya Kini Main di Liga Inggris

Hasil imbang ini sejatinya bukanlah hasil yang diharapkan Timnas Indonesia. Apalagi sepanjang laga tersebut, skuad Garuda tampil dominan atas Vietnam.

Bahkan Timnas Indonesia mendapat beberapa peluang emas yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol. Nahas, penyelesaian akhir yang buruk membuat laga ini berkesudahan dengan skor 0-0.

Dengan skor 0-0 di leg pertama ini, baik Timnas Indonesia dan Vietnam pun masih memiliki peluang yang sama-sama besar untuk bisa lolos ke final Piala AFF 2022.

Baca Juga:
6 Pesepak Bola yang Paling Banyak Bela Klub Berbeda saat Tampil di Liga Champions

Adapun penentuan siapa yang lolos ke partai puncak ini akan tersaji di leg kedua saat Vietnam menjamu Timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Senin (9/1).

Fachruddin Aryanto menyundul bola selama pertandingan sepak bola Semi Final Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Jumat (6/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

Melihat hasil di leg pertama ini, ada sederet syarat yang harus dipenuhi Timnas Indonesia demi bisa lolos ke babak final Piala AFF 2022.

Sederet syarat ini harus dipenuhi saat menghadapi Vietnam beserta suporternya di markasnya sendiri, yakni Stadion My Dinh, nanti.

Baca Juga:
Link Live Streaming Malaysia vs Thailand di Semifinal Piala AFF 2022, Kick Off 19.30 WIB

Apa saja syarat tersebut? Berikut ulasannya.

1. Menang

Syarat utama agar Timnas Indonesia bisa lolos ke babak final Piala AFF 2022 adalah dengan mengalahkan Vietnam di leg kedua atau menang di markas lawan.

Baca Juga:
Tandang ke Markas Malaysia di Semifinal Piala AFF 2022, Mano Polking Girang Tuan Rumah Sedikit Dirugikan

Dengan skor imbang 0-0 di leg pertama, Timnas Indonesia pun hanya perlu menang 1-0 saja atas tuan rumah Vietnam di leg kedua.

2. Imbang dengan Gol

Timnas Indonesia tak hanya membutuhkan kemenangan saja untuk lolos ke final Piala AFF 2022. Sebab, hasil imbang dengan gol pun sudah cukup membuat skuad Garuda ke partai puncak.

Pasalnya, Piala AFF 2022 ini menerapkan aturan gol kandang-tandang. Alhasil, Timnas Indonesia hanya perlu mencetak gol saja. Jikapun laga berkesudahan imbang 1-1, skuad Garuda tetap dipastikan lolos.

3. Menang Adu Penalti

Bagaimana jika hasil imbang 0-0 tetap tercipta di leg kedua ini meski telah melewati babak tambahan 2x15 menit?

Timnas Indonesia masih memiliki potensi untuk lolos ke babak final, yakni dengan memenangi adu penalti atas Vietnam. Dalam hal ini, peluang kedua tim pun sama-sama 50 berbanding 50, tergantung kesiapan tim dan mental para pemainnya.

Kontributor: Felix Indrajaya