Gagah Radhitya Widiaseno
Aksi Ansawi Mangkualam saat Timnas Indonesia ditahan imbang Vietnam 0-0. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Laga Vietnam vs Timnas Indonesia akan tersaji pada Senin (9/1/2023). Wasit Jepang disebut bakal rugikan skuad Garuda.

Timnas Indonenesia akan menjalani leg kedua di Stadion My Dinh, Vietnam. Pada laga ini, skuad asuhan Shin Tae-yong disebut-sebut bakal alami kerugian karena pemilihan wasit Jepang.

Diansir dari Bongda24h, laga Vietnam vs Timnas Indonesia akan dipimpin oleh wasit Jepang, Araki Yasuke. Ia akan dibantu oleh rekan senegaranya, Watanabe Kota dan Hamamoto Yusuke.

Baca Juga:
Hitung-hitungan Timnas Indonesia Berjumpa Malaysia di Final Piala AFF 2022

Dalam artikel yang dituliskan, mereka menyebut kalau pemilihan wasit Jepang bisa merugikan skuad Garuda.

Menurut sejarah di Piala AFF 2022, wasit asal Jepang pernah membuat kontroversial di laga Vietnam vs Malaysia pada penyisihan grup B.

Dalam laga tersebut, skuad berjuluk The Golden Star diuntungkan karena kartu merah pemain Malaysia, Azam Azmi di era kepemimpinan wasit Jepang Ryuji Sato.

Baca Juga:
3 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2022, Salah Satunya Cuma Butuh Imbang

Pemain Malaysia memprotes wasit asal Jepang Sato Ryuji saat menghadapi Vietnam di Grup B Piala AFF 2022. [Twitter@Nazahahisyam]

Tak sampai disitu saja, wasit asal Jepang  juga memberikan penalti kepada Vietnam yang membuat skuad Harimau Malaya kalah telak dengan skor 3-0.

Kepemimpinan wasit asal Jepang disebut-sebut akan terulang pada laga leg kedua Piala AFF 2022 yang mempertemukan Vietnam vs Timnas Indonesia.

Skuad Garuda harus meraih kemenangan agar bisa menjaga asa untuk bisa lolos ke final Piala AFF 2022. Namun dengan kepemimpinan wasit Jepang tersebut, mimpi Indonesia ke final akan sedikit terganjal.

Baca Juga:
Profil Dang Van Lam, Kiper Tangguh Vietnam saat Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022

Sebelumnya, Timnas Indonesia hanya bisa bermain imbang dengan Vietnam yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dalam laga tersebut memang banyak kontroversial yang membuat skuad Garuda dirugikan seperti pelanggaran yang dilakukan Doan Van Hau kepada Dendy Sulistyawan di kotak penalti.

Namun wasit tidak menunjukkan titik putih untuk Timnas Indonesia. Hal ini membuat skuad asuhan Shin Tae-yong harus meraih kemenangan di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 nantinya.