Rauhanda Riyantama
Selebrasi Rachmat Irianto usai mencetak gol ke gawang Kuwait. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Berikut dua pemain Timnas Indonesia yang ternyata berstatus mantan pesepak bola atau legenda karena sepak terjangnya di masa silam.

Buah tak jatuh jauh dari pohonnya. Frasa ini sendiri selalu digunakan di segala sendi kehidupan, termasuk di kancah sepak bola.

Di kancah sepak bola, banyak para pemain yang ternyata berangkat dari keluarga pesepak bola karena sang ayah berkiprah di cabang olahraga ini.

Baca Juga:
Susunan Pemain Timnas Indonesia saat Permalukan Vietnam di My Dinh pada 2016, Bisakah Terulang Malam Ini?

Di sepak bola Eropa, banyak pemain yang mengikuti jejak sang ayah dan mampu menyamai atau bahkan melewati kiprah orang tuanya di lapangan hijau.

Sebut saja Erling Haaland yang berstatus anak dari Alf-Inge Haaland. Belum lagi dengan Daniel Maldini yang merupakan akan bek legendaris, Paolo Maldini.

Di Indonesia pun, banyak pesepak bola yang saat ini ternyata merupakan anak dari mantan pesepak bola top di eranya dulu.

Baca Juga:
Media Italia Sanjung Jordi Amat, Hidup dan Kariernya Bak Naskah Film Hollywood

Bahkan, beberapa di antaranya mampu mengikuti dan melampaui kiprah sang ayah dengan berhasil memperkuat Timnas Indonesia.

Kira-kira, siapa saja penggawa Timnas Indonesia saat ini yang ternyata anak dari mantan pesepak boal top? Berikut daftarnya.

1. Asnawi Mangkualam

Baca Juga:
3 Keuntungan Timnas Indonesia jika Kalahkan Vietnam di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022

Bek kanan timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam masuk nominasi bek terbaik di fase grup Piala AFF 2022. (Dok. affmitsubishielectriccup.com)

Asnawi Mangkualam adalah bek kanan andalan Timnas Indonesia saat ini. Bahkan di usia yang masih muda, ia sempat menjadi kapten skuad Garuda.

Siapa sangka, Asnawi sendiri merupakan anak dari legenda sepak bola Indonesia, yakni Bahar Muharram yang dikenal karena kiprahnya bersama PSM Makassar.

Bahar Muharram sendiri merupakan legenda PSM Makassar. Bahkan, dirinya sempat menjadi asisten pelatih di klub berjuluk Juku Eja tersebut.

Baca Juga:
Media Vietnam Sebar Gosip, Sebut Rachmat Irianto Cedera Jelang Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022

Kiprah Bahar Muharram semasa bermain ternyata menurun ke Asnawi yang sudah menjadi andalan Timnas Indonesia sejak usianya 17 tahun.

2. Rachmat Irianto

Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Rachmat Irianto juga merupakan pemain muda lainnya yang menjadi tulang punggung Timnas Indonesia, terutama di era Shin Tae-yong ini.

Siapa yang menduga jika pemain berusia 23 tahun ini merupakan anak dari legenda Persebaya Surabaya dan Timnas Indonesia, Bejo Sugiantoro.

Bejo Sugiantoro sendiri merupakan palang pintu legendaris Timnas Indonesia yang kerap tampil di ajang-ajang internasional. Selain itu, ia juga menjadi andalan Persebaya saat masih berstatus pemain.

Kiprahnya kemudian menurun ke anaknya yang berhasil menembus tim utama Persebaya Surabaya dan kini menjadi andalan bagi Persib Bandung serta Timnas Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya