Arif Budi Setyanto
Aksi Nguyen Tien Linh saat Vietnam kalahkan Timnas Indonesia 2-0 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. (Dok.VFF)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia kalah di semifinal leg kedua Piala AFF 2022 berkat gol cepat Nguyen Tien Linh pada Senin (9/1/2023). Padahal striker Vietnam itu sudah memberikan peringatan terhadap skuad Garuda.

Dalam semifinal leg kedua Piala AFF 2022, Nguyen Tien Linh mampu membuat anak asuh Shin Tae-yong terkejut di menit awal. Tepatnya pada menit ke-3, ia berhasil dari kawalan bek Merah Putih usai mendapatkan umpan terukur Do Hung Dung.

Berhadapan dengan Nadeo Argawinata, Nguyen Tien Linh dengan tenang menceploskan bola ke gawang timnas Indonesia.

Baca Juga:
Soroti Sedikitnya Tendangan On Target Indonesia ke Gawang Vietnam, Shin Tae-yong bakal Lakukan Ini

Bukan hanya itu, striker berusia 25 tahun ini juga mencetak gol cepat di babak kedua kala timnas Indonesia hendak bangkit dari ketertinggalan.

Lagi-lagi Do Hung Dung mampu memberikan umpan terarah, kali ini via sepak pojok. Nguyen Tien Linh mampu menyambutnya dengan baik hingga menjebol gawang timnas Indonesia untuk kedua kali.

Kebobolan gol cepat, timnas Indonesia sejatinya sudah mendapatkan alarm bahaya dari Tien Linh. Striker Vietnam itu sudah menegaskan ingin mencetak gol cepat melawan skuad Garuda.

Baca Juga:
3 Faktor yang Bisa Membuat Shin Tae-yong Dipecat dari Pelatih Timnas Indonesia

Striker Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh. (Dok. VFF)

"Mencetak gol lebih awal membantu tim bermain lebih elegan dan percaya diri. Tapi penting bagi kami untuk menjaganya. Selurut tim akan berusaha bersatu dan menunjukkan semangat Vietnam," ujar Tien Linh dikutip dari Bongda sebelum pertandingan.

Pada akhirnya pernyataan Nguyen Tien Linh itu menjadi kenyataan. Anak asuh Park Hang-seo mampu memanfaatkan celah yang ada di lini pertahanan timnas Indonesia dan mencetak gol cepat.

Alhasil Vietnam bermain lebih tenang karena unggul satu gol. Bahkan Tien Linh bisa menggandakan keunggulan di menit awal babak kedua.

Baca Juga:
3 Alasan PSSI Harus Pertahankan Shin Tae-yong usai Gagal di Piala AFF 2022

Kemenangan 2-0 membuat Vietnam unggul agregat dari timnas Indonesia. Golden Star Warriors pun mengunci satu tiket ke final Piala AFF 2022.