Irwan Febri Rialdi
Penyerang Timnas Indonesia, M Rafli, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, diprediksi akan mencoret sejumlah nama pemain untuk menghadapi Piala Asia 2023 setelah gagal berprestasi di Piala AFF 2022.

Sebab, terdapat sejumlah nama pemain yang kurang mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong, sehingga diprediksi tidak akan kembali dipanggil saat Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2023.

Sejumlah pemain ini juga beberapa kali mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong, tetapi ternyata belum bisa memberikan kontribusi yang maksimal di Piala AFF 2022.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong harus mencari nama-nama pemain pengganti yang tepat ketika skuad Garuda mengarungi kejuaraan Piala Asia 2023 yang berlangsung tahun ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat nama pemain Timnas Indonesia yang tak layak untuk kembali dipanggil Shin Tae-yong saat menghadapi Piala Asia 2023.

1. Muhammad Rafli

Muhammad Rafli menjadi nama pemain pertama yang dianggap tak layak untuk kembali dipanggil Timnas Indonesia pada ajang Piala Asia 2023.

Pasalnya, striker asal Arema FC ini jarang sekali mendapat kesempatan bermain. Sekalinya ia diturunkan Shin Tae-yong, kontribusi Rafli sangat minim.

Bahkan, pemain berusia 24 tahun itu seperti gagal menyatu dengan gaya permainan Timnas Indonesia sekalipun sering dipanggil untuk memperkuat skuad Garuda.

2. Ilija Spasojevic

Performa yang ditampilkan Ilija Spasojevic sebagai penyerang Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 ternyata masih jauh dari harapan.

Sebab, meskipun dia dikenal sebagai sosok penyerang yang tajam di kompetisi Liga 1 bersama Bali United, tetapi Spaso kesulitan untuk beradaptasi dengan permainan Timnas Indonesia.

Striker naturalisasi berusia 35 tahun ini memang berhasil menyumbang satu gol dan satu assist, tetapi kontribusi itu tercipta saat Indonesia berjumpa tim lemah seperti Brunei Darussalam.

3. Hansamu Yama

Di sektor pertahanan, satu-satunya pemain yang terhitung minim mendapat menit bermain di Piala AFF 2022 ialah Hansamu Yama Pranata.

Bek asal Persija Jakarta ini hanya bermain ketika skuad Garuda berjumpa Brunei Darussalam pada laga kedua Grup A. Laga ini memang terjadi rotasi besar-besaran di tubuh Timnas Indonesia.

Namun, Hansamu masih belum bisa mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong, tak seperti Rizky Ridho yang kerap dipercaya mengisi lini pertahanan Timnas Indonesia.

4. Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta juga masih belum bisa menembus skuad utama Timnas Indonesia. Pengalaman bermainnya masih terhitung minim di level internasional.

Catatan menit bermainnya di Piala AFF 2022 memang hanya menyentuh 27 menit ketika duel melawan Brunei Darussalam.

Shin Tae-yong sepertinya masih membutuhkan pemain berkualitas lainnya di lini tengah untuk menggantikan striker berusia 20 tahun ini.

Kontributor: M Faiz Alfarizie