Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mendapat kritik tajam dari mantan pelatih Thailand Steve Darby menyusul kekalahan Skuad Garuda di semifinal Piala AFF 2022. Sentilan STY kepada bek Vietnam Doan Van Hau diungkit.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong sempat menandai Doan Van Hau melalui postingan di akun Instagram pribadinya sehari sebelum leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Thailand vs Timnas Indonesia.

Dalam video postingannya, Shin Tae-yong nampak menampilkan permainan kasar Doan Van Hau kepada pemain Timnas Indonesia dan Malaysia namun tak diberi hukuman oleh wasit. Ia menuliskan agar wasit dan pemain harus fairplay kendati tak menyebut nama Doan Van Hau secara langsung.

Sikap Shin Tae-yong yang menyentil bek Vietnam tersebut menuai pro-kontra. Teranyar, eks pelatih Thailand Steve Darby ikut buka suara.

Steve Darby beranggapan semestinya Shin Tae-yong tak bersikap provokatif dengan 'menyerang' pribadi pemain lawan.

"Saya tidak pernah melakukan hal seperti itu. Sebagai seorang pelatih, saya ingin menghindari pesan-pesan provokaif seperti itu di media sosial," kata Steve Darby dikutip dari Vnexpress, Rabu (11/1).

"Mungkin Shin mencoba menggunakan perang psikologis untuk mengalihkan perhatian pemain Vietnam atau mempengaruhi wasit. Tapi Shin seharusnya fokys ke Indonesia dan menghindrai untuk mengkritik lawan-lawannya," imbuhnya

Lebih lanjut, Steve Darby menyindir Shin Tae-yong 'kena karma' gagal membawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2022 setelah terlalu fokus menyentil Doan Van Hau.

"Apa yang bisa Shin lakukan dengan serangan seperti itu? Hanya akan menyebabkan kerugian dan memang benar bahwa Shin kalah," tegas pelatih asal Inggris yang juga pernah menukangi Laos tersebut.