Arif Budi Setyanto
Gestur pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pada laga semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB. [dok. PSSI]

Gol.bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong disebut kena karma setelah timnya gagal di semifinal Piala AFF 2022. Hal itu disampaikan oleh mantan juru latih Thailand, Steve Darby.

Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2 dari Vietnam di semifinal leg kedua Piala AFF 2022. Golden Star Warriors menang berkat brace yang dicatatkan oleh Nguyen Tien Linh.

Mengomentari kekalahan timnas Indonesia, eks pelatih Thailand mengatakan bahwa Shin Tae-yong kena getahnya karena memprovokasi pemain Vietnam, Doan Van Hau.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 2022 Hari Ini: Sajikan Partai Tunda Persib Bandung vs Persija Jakarta

Diketahui jelang pertandingan leg kedua timnas Indonesia melawan Vietnam, Shin Tae-yong memang mengkritik Doan Van Hau yang bermain kasar. Hal itu ia lakukan via akun Instagram priibadinya.

Menurut Darby, apa yang dilakukan Shin Tae-yong itu seharusnya tidak perlu. Malah hal tersebut membawa kerugian tersendiri bagi timnas INdonesia.

Pemain Vietnam, Doan Van Hau yang main kasar lawan timnas Indonesia. (The Thao247)

"Saya tidak pernah melakukan hal seperti itu sebagai pelatih. Saya ingin menghindari pesan provokatif seperti itu di media sosial. Mungkin Shin mencoba menggunakan perang psikologis untuk mengalihkan perhatian pemain Vietnam atau memengaruhi wasit," ucap Darby dikutip dari VnExpress, Rabu (11/1/2023).

Baca Juga:
Komentar Tak Terduga Alexandre Polking usai Thailand ke Final Piala AFF 2022

"Tapi Shin seharusnya fokus ke Indonesia, menghindari mengkritik lawannya. Apa yang didapat dengan serangan ini? Itu hanya menyebabkan kerugian dan memang benar bahwa Shin kalah," imbuhnya.

Sementara itu, Vietnam yang lolos ke babak final akan berjumpa dengan Thailand. Tim yang diasuh Mano Polking sukses menembus laga pamungkas usai mengalahkan Malaysia di leg kedua dengan skor telak 3-0 hingga mengubah agregat menjadi 3-1.

Baca Juga:
Marc Klok Patah Hati Timmas Indonesia Gagal Juara Piala AFF 2022, Dirtek Brunei Darussalam Beri Perhatian