Muhammad Ilham Baktora
Pelatih Malaysia Kim Pan-gon. (Instagram/@famalaysia)

Gol.bolatimes.com - Kegagalan Timnas Malaysia untuk mencapai final Piala AFF 2022 menjadi kekecewaan warga dan juga para pemain. Kim Pan-gon meminta kekecewaan warga dan suporter Malaysia cukup dilampiaskan kepada dirinya dan tidak perlu ke pemain.

Malaysia dilumat 3-0 oleh Thailand dalam leg kedua Piala AFF 2022, Selasa (10/1/2023) malam WIB. Hasil tersebut harus menghentikan langkah mereka untuk bermimpin meraih trofi.

Kekecewaan rakyat Malaysia juga tak bisa ditutupi. Namun pelatih Harimau Malaya, Kim Pan-gon meminta agar kekecawaan suporternya dilampiaskan kepadanya.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Gol Ciro Alves Bawa Persib Bandung Kalahkan Persija Jakarta

"Kalian boleh menyerang saya, tapi jangan menyerang pemain," kata Kim Pan-gon dikutip dari Berita Harian, Rabu (11/1/2023).

Pelatih asal Korea Selatan ini memilih dirinya sebagai tameng kekesalan dan kekecewaan suporter. Hal itu disebut-sebut lebih baik dibanding Shin Tae-yong yang dituding berkelit ketika gagal membawa Indonesia ke final Piala AFF 2022 usai dibungkam Vietnam di laga tandang.

Meski demikian, Kim Pan-gon mendapat apresiasi dari para pemain. Mengingat dari tangan dirinya bisa membawa Malaysia hingga ke fase gugur.

Baca Juga:
Rumor Asnawi Mangkualam Pindah Klub Bikin Duel dengan Pemain Vietnam Batal Terwujud, Tak Jadi Re-Match Nih

Tak hanya itu pada leg pertama sejumlah strateginya mampu menahan Gajah Perang yang bertubi-tubi menghajar pertahanan Malaysia. Satu gol Malaysia menjadi satu hasil yang memuaskan bagi Malaysia.

Hasil agregat 3-1 saat Thailand memenangkan pertandingan mengantarkan Gajah Perang ke final Piala AFF 2022.

Selanjutnya, Thailand akan melakoni laga tandang di leg pertama Final Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi pada Jumat (13/1/2023).

Baca Juga:
3 Pemain yang Perlu Dipanggil Kembali Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023

Tiga hari berselang, tepatnya Senin (16/1/2023) bergilir Thailand yang akan menjamu Vietnam ke Stadion Thammasat pada leg kedua final.