Arif Budi Setyanto
Wasit asal Korea Selatan, Ko Hyung-jin akan pimpin final leg pertama Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Thailand. (Zing News)

Gol.bolatimes.com - Final leg pertama Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Thailand digelar hari ini, Jumat (13/1/2023). Jelang pertandingan ini, legenda tim Gajah Perang Piyapong Pue-on ngamuk karena wasit yang akan memimpin berasal dari Korea Selatan.

Pertandingan Vietnam vs Thailand akan dipimpin oleh wasit Ko Hyung-jin yang berasal dari Korea Selatan. Ia juga akan ditemani dua asisten Park Kyung-yong dan Kang Dong-ho.

Sedangkan untuk wasit keempat berasal dari Indonesia, yakni Thoriq Alkatiri serta wasit pengawasnya adalah Mohamad Rodzali Bin Yacob.

Baca Juga:
Sandy Walsh Pilih Bela Timnas Indonesia ketimbang Belanda, Ini Orang yang Punya Peran Penting Dibalik Keputusannya

Nah, wasit yang akan memimpin pertandingan final leg pertama Piala AFF 2022 menjadi sorotan legenda Thailand, Piyapong Pue-on. Hal itu serasa tidak adil karena Vietnam juga dilatih juru taktik asal Korea Selatan.

"Faktor terpenting dalam pertandingan ini adalah wasit. Dia juga orang Korea seperti pelatih Park Hang-seo. Penyelenggara seharusnya tidak seperti itu. Kami memiliki keraguan tentang keputusan ini," ucap Piyapong dikutip dari Thairath, Jumat (13/1/2023).

Sebagai informasi, wasit Ko Hyung-jin bukan wajah yang asing di Vietnam. Pasalnya it juga pernah menjadi pengadil di V.League 2022. Maka dari itu, ia menjadi sorotan.

Baca Juga:
5 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil Loyo di Piala AFF 2022, Mayoritas Pemain Abroad!

Sementara itu, Thailand memang akan bertandang lebih dulu ke Vietnam di leg pertama. Mano Polking berhasrat ingin menang dengan menerapkan strategi menyerang kala bertemu anak asuh Park Hang-seo.

Selanjutnya Thailand yang bergantian bakal menjadi tuan rumah di final leg kedua Piala AFF 2022. Pertemuan kedua itu bakal dilangsungkan pada Senin (16/1/2023) di Stadion Thammasat.

Baca Juga:
5 Pemain Naturalisasi Datang, Ini Penggawa Timnas Indonesia yang Diprediksi Tersingkir dari Skuat Piala Asia 2023