Muhammad Ilham Baktora
Elkan Baggott saat tampil di Piala AFF 2020 (PSSI)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia finis di babak semifinal Piala AFF 2022. Selanjutnya agenda terdekat bagi Timnas Senior adalah kompetisi Piala Asia 2023. Hal itu harus dipersiapkan matang oleh Shin Tae-yong sebelum kompetisi bergulir, termasuk pemain-pemain yang akan dipanggil.

Terdapat 7 pemain yang tak diragukan performanya untuk membela skuad Garuda di kompetisi itu. Berikut rangkuman para pemain naturalisasi yang bisa diandalkan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.

Jordi Amat

Baca Juga:
Mulai Berkembang, Piala AFF Dapat Lampu Hijau Berubah jadi Kompetisi Resmi FIFA, Ini Kata Gianni Infantino

Bek Johor Darul Ta'zim (JDT), Jordi Amat memiliki kemampuan yang tak bisa diremehkan ketika membentengi pertahanan tim. Sempat membela klub Inggris, Swansea City, pengalamannya saat menghadapi tim-tim Asia tak perlu diragukan lagi.

Jordi Amat saat lakoni debut bersama Timnas Indonesia lawan Kamboja di Piala AFF 2022. (Instagram/jordiamat5)

Elkan Baggott

Nama pemain 20 tahun ini sudah dikenal di telinga pecinta sepakbola Indonesia. Performanya baik di Gillingham FC dan di Timnas kerap membuat decak kagum.

Baca Juga:
5 Pemain Ukraina Termahal Sepanjang Sejarah, Mykhailo Mudryk Lewati Andriy Shevchenko

Postur tinggi dan kreatifnya bermain saat menjadi bek, Baggott menjadi andalan Shin Tae-yong untuk di Piala Asia 2023 nanti. Di sisi lain, Baggott memiliki kemampuan mencetak gol saat Indonesia mendapat tendangan sudut.

Shayne Pattynama

Masih membahas di posisi bek, Shayne Pattynama memang masih menunggu waktu untuk disahkan sebagai WNI. Proses naturalisasinya saat ini masih mengambang.

Baca Juga:
Piala Asia U-20 2023 Belum Dimulai, Timnas Indonesia Mulai Diintai Pelatih Suriah

Meski demikian, masih ada waktu baginya untuk menyelesaikan proses kewarganegaraannya menjadi WNI. Mengingat kompetisi ini dijadwalkan bergulir pada 2024 mendatang.

Performanya di Viking FK tak perlu diragukan. Permainan disiplinnya, satu dari sekian faktor yang menjadi alasan Shin Tae-yong meminta pemain 24 tahun itu segera menjadi WNI.

Rafael Struick

Proses naturalisasi Rafael Struick memang masih berjalan. Pemain 19 tahun ini baru saja menyambangi tanah air untuk memulai proses tersebut.

Rafael Struick saat membela Timnas Indonesia U-20. (Dok. PSSI)

Jika sudah sah menjadi WNI, pemain Ado Den Haag ini bisa menjadi andalan tajam Shin Tae-yong untuk diposisikan di lini tengah.

Sandy Walsh

Pemain KV Mechelen ini sejatinya sudah bernafsu ingin bermain di bawah nahkoda Shin Tae-yong. Pada kompetisi Piala AFF 2022 saja, Walsh masuk dalam pemusatan latihan di Bali. Meski tak jadi membela Timnas Indonesia, Walsh berjanji untuk bisa berseragam skuad Garuda di kompetisi lain.

Mendapat panggilan TC di Bali, performa pemain 27 tahun ini sudah tak diragukan. Artinya Shin Tae-yong sedikit meyakini dengan integritas Walsh selama di lapangan dan bakal diandalkan lagi di kompetisi lain.

Marc Klok

Gelandang naturalisasi yang bermain di Persib Bandung ini memberikan dampak signifikan ketika bermain di Piala AFF 2022. Namanya masih bisa menjadi andalah Shin Tae-yong di Piala Asia 2023 mendatang.

Marc Klok. (PSSI)

Marc Klok, cukup dijagokan saat membangun build up serangan dari lini tengah. Meski kerap menampilkan emosi, ritme permainannya mudah disesuaikan oleh rekan lainnya, dan tak jarang membuka peluang gol.

Stefano Lilipaly

Namanya lama tak muncul dan jarang dipanggil ke Timnas Indonesia. Namun performanya saat bersama Borneo FC tak bisa diragukan.

Shin Tae-yong masih bisa mengandalkan ketajaman striker yang lahir di Belanda ini. Hanya saja, adaptasi permainan saat TC harus benar-benar disesuaikan dengan irama pemain lain.