Muhammad Ilham Baktora
Indonesia vs Malaysia di final Piala AFF 2018. (Bay Ismoyo/AFP).

Gol.bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menggelar sebuah kompetisi bertajuk Piala Merdeka 2023 yang dihelat pada September nanti. Nama Indonesia tidak masuk dalam daftar undangan dan menjadi sorotan publik hingga penggemar sepak bola.

Piala Merdeka 2023 yang digelar oleh Tuan Rumah Malaysia akan mengundang satu tim dari Asia Barat dan dua tim dari Asia Tenggara. Kompetisi itu akan diikuti empat negara.

Melansir dari media Malaysia, Metro, Jumat (20/1/2023), negara Asia Barat yang rencananya diundang adalah Palestina atau Suriah. Sementara di Asia Tenggara mengundang Vietnam dan Thailand.

Baca Juga:
Pisah dari Vietnam, Park Hang-seo Akui Sudah Banyak Tawaran Melatih Lagi

Nama Indonesia memang tak masuk dalam daftar itu. Usut punya usut, sang tuan rumah menggunakan sistem pemilihan dengan ranking FIFA.

Timnas Malaysia secara ranking FIFA memang jauh lebih tinggi dari skuad Garuda di peringkat 145. Sementara dua negara di Asia Barat yakni Palestina dan Suriah, masing-masing menempati peringkat 93 dan 90.

Vietnam hingga kini menempati posisi di peringkat 96. Sementara Thailand berada di peringkat ke-111.

Baca Juga:
Profil Rafly Selang, Pemain Garuda Select yang Bobol Gawang Inter Milan

Kabar tak diundanganya skuad Garuda ke laga tersebut mengingat ranking FIFA di Indonesia per Desember 2022 lalu berada di peringkat ke-151.

Ketua Komite Kompetisi FAM, Mohd Firdaus Mohamed menjelaskan, mereka yang diundang ke kompetisi ini adalah yang berada di atas Malaysia, sehingga Indonesia tidak dipertimbangkan.

Untuk diketahui, Piala Merdeka sendiri merupakan ajang sepakbola lawas yang telah digelar sebanyak 41 kali sejak tahun 1957. Malaysia satu satunya tim yang paling sukses dengan raihan 10 gelar juara, diikuti oleh Korea Selatan tujuh kali dan Myanmar empat kali sejauh kompetisi bergulir.

Baca Juga:
Pujian Selangit Media Vietnam untuk Marselino Ferdinan: Bintang Sepak Bola Indonesia Paling Cemerlang