Husna Rahmayunita
Selebrasi Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananda di laga Timnas Indonesia vs Brunei. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Sejumlah nama pemain Timnas Indonesia yang tampil di Piala AFF 2022 dianggap memiliki kualitas yang mumpuni untuk melanjutkan karier di luar negeri.

Para pemain Timnas Indonesia ini memang sebagian besar masih muda. Namun, melihat potensinya di Piala AFF 2022, mereka sebetulnya cukup layak untuk bisa memperkuat klub luar negeri agar kemampuannya terus berkembang.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima nama pemain Timnas Indonesia yang cocok berkarier di luar negeri setelah tampil di Piala AFF 2022.

1. Rizky Ridho

Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho. (Instagram/rizkyridhoramadhani)

Bek andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Rizky Ridho, dinilai memiliki potensi besar untuk mengembangkan kariernya di luar negeri.

Apalagi, bek tengah yang punya posisi reguler di Persebaya Surabaya ini usianya masih terbilang muda, yakni 21 tahun.

Di usianya yang semuda itu, Rizky Ridho sudah berhasil merebut tempat utama di skuad Persebaya maupun Timnas Indonesia. Dia punya peluang besar untuk bersinar di luar negeri.

2. Rachmat Irianto

Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, dalam pertandingan melawan Curacao, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Selanjutnya, ada nama Rachmat Irianto, pemain serba-bisa Timnas Indonesia yang layak meneruskan kariernya bersama klub luar negeri.

Pemain berusia 23 tahun ini punya atribut yang sangat berkualitas untuk mengisi sejumlah posisi, terutama dalam aspek defensif.

Rachmat Irianto juga sempat memperlihatkan kematangannya ketika dipercaya Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

3. Yakob Sayuri

Momen Asnawi Mangkualam memberikan instruksi ke rekan setimnya, Yakob Sayuri di jeda babak pertama timnas Indonesia vs Curacao. (YouTube/PSSI TV)

Yakob Sayuri adalah salah satu pemain yang menjadi andalan PSM Makassar di Liga 1 2022/2023. Ia juga sukses merebut hati Shin Tae-yong pada Piala AFF 2022.

Sejauh ini, Yakob memang cukup apik dalam mengirimkan umpan silang berkualitas untuk para penyerang di lini depan.

Pemain berusia 25 tahun yang mencetak satu gol dan dua assist di Piala AFF 2022 ini juga dinilai layak untuk bergabung dengan klub luar negeri karena kualitasnya.

4. Ramadhan Sananta

Pemain Timnas Indonesia Ramadan Sananta usai cetak gol ke gawang Brunei Darussalam. (Instagram/@pssi)

Ramadhan Sananta merupakan salah satu striker muda yang punya potensi untuk menjadi bomber berkualitas di masa depan.

Dia tak hanya punya postur tubuh yang ideal untuk menjadi penyerang, tetapi juga dilengkapi dengan kecepatan yang bisa menjadi andalan.

Pemain PSM Makassar berusia 20 tahun ini dianggap layak untuk melanjutkan kariernya di luar negeri pasca-memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

5. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan cetak sejarah usai bikin gol lawan Filipina di Piala AFF 2022. (Instagram/PSSI)

Sudah tak perlu terbantahkan lagi, Marselino Ferdinan merupakan salah satu pemain muda bertalenta yang dimiliki Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 lalu.

Gelandang muda berusia 18 tahun ini juga disebut-sebut sangat layak untuk melanjutkan kariernya di luar negeri. Dengan usia semuda itu, ia masih bisa terus mengembangkan potensinya.

Bahkan, pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, juga sempat berharap Marselino Ferdinan direkrut klub luar negeri.