Muhammad Ilham Baktora
Skuad Timnas Indonesia U-20 saat menghadapi Malaga U-19 (PSSI)

Gol.bolatimes.com - Piala Dunia U-20 2023 segera bergulir Mei mendatang. Sejumlah persiapan dari PSSI termasuk para pemain dan juga pelatih tidak akan menunda-nunda untuk performa timnya.

Indonesia yang masih dinahkodai Shin Tae-yong perlu segera menentukan para pemain Garuda Muda untuk diboyong dalam perhelatan akbar itu. Pasalnya lawan-lawan yang akan hadir memiliki ambisi untuk menang di setiap pertandingan.

Shin Tae-yong memiliki sejumlah opsi untuk memanggil para pemain muda Indonesia di skuadnya nanti. Adapun pemain-pemain asing yang saat ini berkiprah di BRI Liga 1 2022/2023 dan juga klub luar negeri yang bisa diandalkan dalam perhelatan kompetisi dunia itu.

Baca Juga:
Maju Sebagai Ketum PSSI Karena Desakan Istana Kepresidenan? Begini Kata Erick Thohir

Berikut lima pemain asing yang puya berpotensi diandalkan di Piala Dunia U-20, Mei 2023 mendatang:

1. Stefan Antonic

Nama Stefan Antonic tak jauh-jauh dari kiprah sang ayah, Dejan Antonic yang sebelumnya sempat bermain di Persebaya (1995), Persita Tangerang (1996) dan Arema (dulu Persema Malang tahun 1997).

Baca Juga:
Demi Timnas Indonesia, Bek Keturunan Liberia Ini 'Buang' Kesempatan Main di Liga Spanyol

Pemain profesional yang melanjutkan kariernya sebagai pelatih ini memiliki anak bernama Stefan Antonic. Namanya sempat masuk radar Shin Tae-yong saat penyeleksian pemain Timnas Indonesia U-19. Tetapi dirinya tak masuk dalam daftar itu.

Meski begitu, bukan berarti kesempatan itu hilang. Menjelang Piala Dunia U-20, Stefan Antonic memilki kesempatan untuk untuk gigi di hadapan pendukung suporter.

Pemain gelandang bertahan ini juga tak buruk dalam bermain di klubnya saat ini, Southern FC. Klub yang bermain di Liga Hong Kong.

Baca Juga:
Waduh, Persija Jakarta Kehilangan Salah Satu Sponsornya Jelang Putaran Kedua Liga 1 2022/2023

2. Ronaldo Kwateh

Nama Ronaldo Kwateh cukup menjadi sorotan untuk beberapa kali pertandingan U-20. Anak dari Roberto Kwateh, pemain asing yang sempat membela PSIM Yogyakarta, PSIS Semarang, Persiba Bantul PSCS Cilacap dan Persepar Palangkaraya ini sempat bersinar saat di bawah asuhan Bima Sakti.

Ronaldo Kwateh dalam pertandingan melawan Malaysia di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Ronaldo Kwateh bahkan sudah dipanggil Shin Tae-yong ke dalam pertandingan U-20. Memang secara performa kurang begitu menonjol, bahkan tak jarang Ronaldo Kwateh kehilangan bola.

Meski demikian, pemain 18 tahun ini memiliki potensi besar jika terus diasah dan mendapat jam terbang lebih banyak di Timnas Indonesia kelompok umur. Shin Tae-yong masih bisa mengandalkan pemain berambut gimbal ini dengan kecepatan yang dimiliki.

3. Kevin Gomes de Oliveira

Pemain muda yang saat ini membela PSS Sleman memiliki kemampuan untuk menembus ke Timnas Indonesia. Anak dari Weasley Gomes de Oliveira, memilih jalan yang sama untuk bermain sepak bola.

Pemain PSS Sleman, Kevin Gomes de Oliveira. (Instagram/@kevingomes23)

Namanya sempat dilirik mantan pelatih Indonesia, Luis Milla dan Simon McMenemy. Namun keputusan untuk memanggil Kevin ke Timnas belum begitu menggugah para pelatih skuad Garuda.

Tapi tak menutup kemungkinan Kevin Gomes de Oliveira mampu bermain hingga ke level yang lebih tinggi tak hanya di BRI Liga 1 2022/2023.

4. Zico Soree

Nama pemain ini sudah pernah dipanggil oleh Shin Tae-yong saat uji coba Timnas Indonesia U-29 di Turki dan juga Spanyol. Zico Soree memiliki kemampuan yang cukup tajam sebagai penyerang.

Bermai di klub Belanda, Shin Tae-yong disebutkan bakal memanggil kembali pemain ini. Namun dengan catatan proses naturalisasi yang dilakukan bisa segera dimulai dan rampung sebelum Mei mendatang.

5. Justin Hubner

Namanya sempat menjadi pahlawan untuk Wolves U-21 di Premier League Cup. Satu gol yang diciptakan dari luar kotak penalti membawa klubnya menang tipis 1-0 atas Cardiff City U-21.

Calon bek timnas Indonesia U-20, Justin Hubner cetak gol kemenangan untuk klubnya Wolves U-21. (Instagram/wolvesacademy)

Justin Hubner sudah mendapat panggilan uji coba di Timnas Indonesia saat di Turki. Shin Tae-yong juga memberikan kepercayaannya untuk dimainkan sebagai starter dalam laga uji coba itu.

Hubner memang tangguh baik dari sisi bertahan. Namun kemampuannya yang bisa tajam saat menyerang bisa jadi andalan Shin Tae-yong di Piala Dunia U-20 nanti.