Irwan Febri Rialdi
Marselino Ferdinan melakukan selebrasi usai mencetak gol saat Persebaya vs Persita di lanjutan BRI Liga 1 2022/2023, Rabu (18/1/2023). (Instagram/@officialpersebaya)

Gol.bolatimes.com - Gelandang muda potensial Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan, memiliki sejumlah modal berharga untuk bisa moncer saat meniti karier baru di Liga Belgia.

Perjalanan karier Marselino Ferdinan yang disebut-sebut akan bergabung dengan klub Belgia memang sudah semakin terang. 

Manajer Persebaya Surabaya Yahya Alkatiri menyatakan "wonderkid" andalan timnya dan Timnas Indonesia Marselino Ferdinan akan berangkat ke Belgia pada 25 Januari.

"Untuk masalah Marsel, kami lihat dulu perkembangannya, yang jelas pekan ini, Insya Allah 25 Januari, dia ke Belgia," kata Yahya di Surabaya, Selasa.

Jika Marselino memutuskan untuk melanjutkan kariernya di Belgia, maka setidaknya ada sejumlah alasan yang membuat pemain kesayangan Shin Tae-yong ini bisa meraih kesuksesan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Marselino Ferdinan bisa moncer saat berkarier di Liga Belgia.

1. Mental Sudah Terbentuk

Salah satu modal berharga yang dimiliki oleh Marselino Ferdinan ialah mentalnya yang sudah cukup teruji. Sebab, meski masih berusia 18 tahun, ia sudah tampil reguler.

Kesempatan bermain yang melimpah itu didapatkan Marselino Ferdinan bersama Persebaya Surabaya di bawah asuhan Aji Santoso. Di musim ini saja, ia sudah mencatat tujuh laga.

Selain tampil reguler bersama klub, Marselino Ferdinan juga menjadi andalan Shin Tae-yong, terutama di skuad Timnas Indonesia level senior.

Dia pun menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-20 yang diandalkan pelatih asal Korea Selatan itu di level senior.

2. Skill Bagus

Selanjutnya, modal kedua yang dimiliki Marselino Ferdinan agar bisa mencapai kesuksesan bersama klub barunya di Belgia ialah kemampuan dan skill-nya yang mumpuni.

Hal ini tentu saja bisa membantu Marselino Ferdinan untuk bersaing dengan para pemain Eropa lainnya yang juga berkarier di Belgia.

Skill mumpuni yang dimiliki oleh Marselino memang sudah terlihat sejak ia menjadi pemain andalan Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16.

Kemampuan olah bolanya itu semakin terasah ketika dia menapaki level yang lebih tinggi, terutama di Timnas Indonesia U-19.

3. Bantuan Adaptasi dari Sandy Walsh

Yang terakhir, faktor ketiga yang juga sangat penting bagi perjalanan karier Marselino Ferdinan di Liga Belgia ialah kehadiran Sandy Walsh.

Pemain Timnas Indonesia itu saat ini juga berkarier di Liga Belgia, tepatnya bersama KV Mechelen, klub yang berkompetisi di kasta tertinggi.

Sosok Sandy Walsh diyakini akan berdampak besar pada proses adaptasi Marselino Ferdinan saat memutuskan untuk berkarier di Belgia. 

Sebab, Sandy Walsh bisa ikut membantu Marselino Ferdinan menyesuaikan diri ketika menjalani masa-masa awalnya di luar negeri.

Kontributor: M Faiz Alfarizie