Irwan Febri Rialdi
Klub Belgia, Beerschot VA. (Facebook/Beerschot VA)

Gol.bolatimes.com - Salah satu klub kasta kedua Liga Belgia yang disebut-sebut bakal menjadi pelabuhan baru Marselino Ferdinan mengarah pada Beerschot VA.

Selain munculnya nama klub Beerschot VA dikaitkan dengan Marselino Ferdinan, ada pula satu klub lainnya yang juga disebut-sebut bakal menjadi pelabuhan baru pemain Persebaya Surabaya ini, yakni SK Beveren.

Baru-baru ini, netizen Indonesia sudah menyerbu akun media sosial Beerschot VA. Hal ini tentunya tak terlepas dari rumor yang berkembang pesat tersebut.

Meskipun demikian, sampai saat ini belum ada kepastian resmi ke mana Marselino Ferdinan akan berlabuh. Yang jelas, pemain kesayangan Shin Tae-yong ini akan bertolak ke Belgia pada Rabu (25/1/2023).

Profil Beerschot VA

Beerschot VA, atau Koninklijke Beerschot Voetbalclub Antwerpen, merupakan klub sepak bola asal Belgia yang berasal dari Antwerp. Klub ini berkompetisi di Divisi Kedua Liga Belgia.

Sebab, mereka terdegradasi dari Liga Pro Belgia (Divisi Pertama) pada musim 2021/2022. Sebagai informasi, klub ini sempat merger dengan KFCO Wilrijk, ketika Beerschot AC terdegradasi dari divisi utama pada 2012-2013.

Keputusan ini diambil lantaran lisensi profesional Beerschot AC dicabut karena masalah finansial dan dinyatakan bangkrut pada 21 Mei 2013. 

Setelah itu, klub ini dibubarkan. KFCO Wilrijk pun berubah nama menjadi KFCO Beerschot Wilrijk pada Juni 2017.

Jika merujuk pada sejarahnya, klub ini sudah didirikan pada tahun 1921 dengan nama Football Club Wilrijk adan bergabung dengan Asosiasi Sepak Bola Belgia.

Setelah mengalami merger pada 2013 itulah, KFCO Beerschot Wilrijk mencatatkan kesuksesan yang instan. Pada laga pembuka melawan Ternesse VV, laga mereka dihadiri 8.500 fans.

Salah satu yang membuat klub ini menjadi pembicaraan ialah ketika masuknya Pangeran Arab Saudi, Abdullah bin Musa’ad bin Abdulaziz Al Saud sebagai investor baru.

Pemilik klub Liga Primer Inggris, Sheffield United, itu mengumumkan investasinya di Beerschot bersama perusahaan konstruksi asal Belgia, DCA.

Perubahan nama menjadi Beerschot ini terjadi pada tahun 2019. Selain mengubah nama, klub ini juga memutuskan untuk melakukan pergantian logo.

Mereka bermain di Liga Proximus selama tiga musim, dan memainkan partai final untuk promosi setiap tahunnya.

Namun, setelah kalah dari Cercle Brugge KSV dan KV Mechelen, mereka mendapatkan promosi ke Belgian First Division A pada akhir musim 2019/2020.

Untuk saat ini, Beerschot VA berada di peringkat ketiga kompetisi Divisi Dua Liga Belgia. Mereka mengumpulkan 35 poin dari 19 pertandingan.

Jumlah ini hanya terpaut tiga poin dari Waasland-Beveren, yang berada di puncak klasemen sementara kasta kedua Liga Belgia.

Kontributor: M Faiz Alfarizie