Rauhanda Riyantama
Ryan Sanusi, kapten Beerschot VA (kiri). (Twitter)

Gol.bolatimes.com - Salah satu aspek menarik dari klub kasta kedua Liga Belgia, Beerschot VA, yang disebut-sebut akan menjadi pelabuhan terbaru Marselino Ferdinan ialah munculnya nama sang kapten, Ryan Sanusi.

Tentu saja, Ryan Sanusi yang kini menjabat sebagai kapten Beerschot VA itu jadi sorotan tersendiri. Sebab, nama pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini bernuansa Indonesia.

Sebagai informasi, Sanusi yang menjadi nama belakang pemain Beerschot VA itu sudah sangat identik dengan masyarakat Indonesia. Namun, belum diketahui apakah ia mempunyai garis keturunan Indonesia karena nama tersebut.

Baca Juga:
5 Pemain Indonesia yang Pernah Berkarier di Belgia, Marselino Ferdinan Segera Menyusul?

Sebab, Ryan Sanusi juga sudah sempat menimba ilmu bersama sejumlah klub asal Belanda. Pemain ini nantinya akan menjadi salah satu senior yang membimbing Marselino Ferdinan andai benar-benar bergabung ke Beerschot VA.

Sebetulnya, nama Ryan Sanusi memang sudah sempat mencuri perhatian publik di Indonesia saat dirinya memutuskan klub Prancis.

Ketika itu, ia memang tak masuk jajaran pemain top. Namun, namanya justru yang menjadi pembicaraan di media sosial. Ada banyak netizen yang menanyakan asal-usul pemain yang namanya tak asing di Indonesia ini.

Baca Juga:
Egy Maulana Vikri Dikaitkan ke Maung Bandung?, Direktur Persib Bandung Bilang Begini

Profil Ryan Sanusi

Ryan Sanusi merupakan pesepak bola kelahiran Borgerhout, Belgia, pada 5 Januari 1992. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu saat ini telah berusia 31 tahun.

Pada masa-masa awal kariernya, Ryan Sanusi sempat menimba ilmu bersama sejumlah akademi seperti Rochus Deurne, Beerschot AC (2010, Willem II (2010-2011).

Baca Juga:
Satu Pemain Timnas Indonesia Masuk All Star XI Piala AFF 2022 di Tengah Dominasi Thailand dan Vietnam

Setelah beberapa waktu bermain untuk tim junior Willem, Ryan Sanusi lalu menjalani masa peminjaman bersama FC Oss. Sebagian besar waktunya memang bolak-balik memperkuat Willem II dan FC Oss.

Setelah itu, ia sempat bergeser ke Sparta Rotterdam pada 2015. Bersama klub ini, performanya memang sempat mengalami penanjakan.

Sebab, Ryan Sanusi sukses mencatatkan delapan gol dan sebelas assist untuk Sparta Rotterdam dari total 97 penampilannya.

Baca Juga:
Profil Jong KAA Gent, Klub Legendaris Belgia yang jadi Tempat Marselino Ferdinan Jalani Tes Kesehatan

Selanjutnya, Ryan Sanusi meniti karier di Liga Prancis bersama Grenoble Foot 38. Bersama klub Ligue 2 ini, Ryan Sanusi hanya bermain selama satu musim.

Sebab, setelah itu dia memilih untuk berkarier di Belgia setelah direkrut tim kasta kedua, Beerschot VA, pada pertengahan tahun 2019.

Jika merujuk dari Wikipedia, Ryan Sanusi memang tidak memiliki garis keturunan Indonesia. Sebab, ayahnya berasal dari Nigeria sedangkan ibunya adalah warga negara Belgia.

Kontributor: M Faiz Alfarizie