Gagah Radhitya Widiaseno
Peman Timnas Vietnam, Nguyen Quang Hai. (Instagram/@nguyenquanghai12041997)

Gol.bolatimes.com - Aksi pemain Vietnam, Nguyen Quang Hai, disorot akun Piala Asia @afcasiancup. Netizen Indonesia menyamakan dengan pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri.

Nguyen Quang Hai menjadi salah satu pemain vital bagi skuad berjuluk The Golden Star Warriors.

Ia memang memiliki bakat sejak usia belia. Tercatat, pemain ini sudah mentas sejak 2012 bersama Vietnam U-17 selama dua tahun.

Baca Juga:
Sudah Dievaluasi, Media Vietnam Sindir Shin Tae-yong Dapat Ultimatum dari PSSI

Bakatnya ini ternyata membuat akun @afcasiancup memposting aksinya. Mereka menyebut kalau debut bersama Vietnam di Piala Asia 2018 cukup cemerlang dengan torehan lima golnya.

"Nguyen Quang Hai menjalani debut di 2018 #AFCU23 dengan 5 goals!" tulisnya.

Postingan ini ternyata membuat beberapa netizen turut mengomentarinya. Ada yang menyebut mirip dengan pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri.

Baca Juga:
4 Alasan Pemain Keturunan Belanda yang Diproyeksi Gagal Bela Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023

"Mirip-mirip mainya sama egy, hanya saja Quang Hai lebih tau mana saatnya passing, mana saatnya shoot dan mana saatnya gocek. hmmm," tulis @roz****

"tul bgt quang hai postur pendek dribling pun B aja tp pandai sekali memanfaatkan momentum celah kecilpun mampu shooting, beda sm si anu celah lebar temen udh nungguin msh aja digojek," beber @hass***.

"Gw emang kesel ama Nguyen, tapi kualitasnya perlu diakui emang bagus," celetuk @amd***.

Baca Juga:
Debut di Persib Bandung Langsung Cetak Asisst, Rezaldi Hehanussa Beri Reaksi Berkelas

Adapun Nguyen Quang Hai menjadi langganan Timnas Vietnam sejak dini. Pertama kali, ia tampil di Piala AFF U-16.

Berkat penampilan apiknya, pada 2014, Quang Hai naik kelas ke Timnas U-19 Vietnam. Dalam perjalannya, ia bermain di Piala AFF U-19 dan Brunei Hassanal Bolkiah Championship. Di dua ajang itu, dirinya membantu Vietnam di posisi runner-up.

Pada 2016, Quang Hai yang terus menunjukkan progres positif bermain untuk Timnas U-20. Catatan istimewa yang ia buat adalah tampil di Piala Dunia U-20.

Penampilan apiknya terus membawanya terbang tinggi. Usia main di Timnas U-20, dirinya main di Timnas U-23. Ada beberapa penampilan yang ia buat.

Pertama SEA Games, Piala Asia U-23, dan Pra Olimpiade. Di dua ajang itu, dia meraih medali emas di SEA Games dan runner-up Piala Asia U-23.

Mundur ke 2017, Quang Hai sudah mentas bersama skuad Vietnam senior. Ketika itu, dia memulai debut bersama Vietnam jumpa Yordania.

Pada 2018 hingga saat ini, Quang Hai bermain untuk Timnas Vietnam senior. Piala AFF 2018 menjadi tahun istimewa buat dirinya karena mengantar negaranya menjadi juara.