Irwan Febri Rialdi
Pemain muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan resmi direkrut klub Belgia, KMSK Deinz. (Instagram/@marselinoferdinan10)

Gol.bolatimes.com - Marselino Ferdinan resmi menjadi bagian dari klub asal Belgia, KMSK Deinze, setelah  diperkenalkan di akun media sosial resmi klub pada hari, Rabu, (1/2/2023).

Pemain yang didatangkan dari Persebaya Surabaya itu dikontrak selama 1,5 musim oleh Deinze dengan opsi perpanjangan satu musim.

Kariernya memang langsung melejit setelah dua musim terakhir dipromosikan ke tim senior Persebaya, Marselino kini punya 34 penampilan dan bikin 7 gol untuk Bajul Ijo.

Potensi Marselino semakin terlihat setelah Shin Tae-yong mempercayakan pos gelandang kepada Marselino di Timnas Indonesia.

Semakin istimewa buat Marselino karena tercatat menjadi pemain paling muda di skuad KMSK Deinze. Saat transfernya resmi diumumkan, Marselino masih berusia 18 tahun.

Julukan wonderkid dari Indonesia pun sudah melekat pada dirinya sejak beberapa musim terakhir. Terlebih, potensi dan kemampuannya memang diakui ada di kelas atas di usianya masih sangat muda.

KMSK Deinze sendiri bukan tim dengan rata-rata usia paling muda di Challenger Pro League atau divisi kedua Liga Belgia. Rata-rata usia skuad mereka adalah 26 tahun.

Angka ini masih kalah jauh dari para tim lainnya. Ambil contoh Club NXT yang punya rata-rata usia skuad 18,3 tahun atau tim muda Genk, Jong Genk, yang rata-rata usia skuadnya adalah 18,8 tahun.

Adapun setelah Marselino, pemain termuda di KMSK Deinze adalah Theo Cenci yang berusia 20 tahun. Ia sama-sama didatangkan pada jendela transfer musim dingin.

Cenci berstatus tanpa klub setelah sebelumnya memperkuat Genoa U-19. Setelah mereka ada Ilhan Fandi yang sama-sama datang di musim dingin ini.

Penyerang Timnas Singapura ini didatangkan dari Albirex Niigata. Sepanjang musim 2022 kemarin, Ilhan Fandi mampu mencetak 15 gol dari 18 pertandingan.

Kemudian pemain termuda di KMSK Deinze selanjutnya adalah kiper berusia 20 tahun, Nathan Elyn. Ia dipromosikan dari Deinze U-21 pada Juli 2022, tapi belum mencatatkan penampilan buat tim utama Deinze.

Pemain termuda kelima di KMSK Deinze adalah penyerang berusia 21 tahun, Ayman Kassimi. Ia berstatus tanpa klub sebelum diboyong pada bursa transfer musim dingin ini.

Daftar Pemain Termuda di KMSK Deinze:

Marselino Ferdinan (18 tahun)

Theo Cenci (20 tahun)

Ilhan Fandi (20 tahun)

Nathan Elyn (20 tahun)

Ayman Kassimi (21 tahun).

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha