Rauhanda Riyantama
Momen Shin Tae-yong memberi aba-aba ke pemainnya saat bertanding. (Instagram/@shintaeyong7777)

Gol.bolatimes.com - Selama menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang kerap mendapatkan kritik dari pelatih-pelatih yang berkarier di Liga 1.

Sebagian besar kritik ini dilayangkan kepada Shin Tae-yong terkait dengan pemanggilan pemain untuk mengikuti TC Timnas Indonesia.

Ada pula yang merasa heran dengan metode latihan STY yang lebih mengandalkan latihan fisik saja alih-alih fokus mematangkan taktik.

Baca Juga:
Bak Cenayang, Ini Deretan Ramalan Jose Mourinho yang Jadi Kenyataan

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar nama pelatih yang pernah mengkritik Shin Tae-yong selama menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia.

1. Milomir Seslija

Mantan pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija, juga pernah merasa jengkel kepada Shin Tae-yong yang memanggil pemainnya untuk mengikuti TC Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Curhatan Thomas Doll Soal Dapatkan Tanda Tangan Witan Sulaeman, Ada Peran Syahrian Abimanyu Ternyata

Milo merasa geram dengan cara latihan STY yang hanya memberikan materi kebugaran dan latihan fisik semata selama TC bersama Timnas Indonesia.

Padahal, menurut Milomir Seslija, para pemainnya dalam kondisi kebugaran yang bagus sehingga tak perlu digembleng dengan latihan fisik.

2. Paul Munster

Baca Juga:
TC Jangka Panjang Shin Tae-yong Dikritik Thomas Doll, Ketum PSSI Pasang Badan

Mantan pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster, juga sempat mengirimkan kritik untuk Shin Tae-yong. Penyebabnya ialah keputusan Shin Tae-yong memanggil dua nama pemain.

Kedua pemain tersebut ialah Evan Dimas dan Adam Alis. Paul Munster merasa heran karena STY memanggil dua pemain yang tak mendapat menit bermain reguler di Bhayangkara FC.

Padahal, dua pemain tersebut akan memperkuat Timnas Indonesia yang akan menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Pisah dengan Vietnam, Park Hang-seo Masih Berambisi untuk Jadi Pelatih Timnas

3. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini menjadi salah satu pelatih lokal yang pernah mengkritik kinerja Shin Tae-yong. Bahkan, ia sempat menolak saat diminta menjadi asisten pelatih STY di Timnas Indonesia.

Menurut Fakhri Husaini, juru racik asal Korea Selatan itu sejatinya tak jauh lebih hebat ketimbang dirinya. Dia pun menyebut bahwa Timnas Indonesia sebaiknya ditangani pelatih lokal saja.

4. Thomas Doll

Yang terbaru, Thomas Doll menjadi pelatih yang paling sering melayangkan kritik untuk pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Hal ini utamanya berkaitan dengan pemanggilan pemain.

Thomas Doll merasa bahwa program pemusatan latihan (TC) jangka panjang yang dirancang Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-20 sangat merugikan tim-tim Liga 1.

Pasalnya, ada nama sembilan pemain Persija Jakarta yang harus meninggalkan klub selama sebulan lebih untuk persiapan Piala Asia U-20 2023.

Dengan demikian, para pemain Persija itu dipastikan tak bisa memperkuat Macan Kemayoran karena harus absen karena agenda tim nasional.

Kontributor: M Faiz Alfarizie