Arif Budi Setyanto
Ilustrasi Pelatih Persija Thomas Doll dan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. [Suara.com]

Gol.bolatimes.com - Belum lama ini terjadi polemik antara Thomas Doll dan Shin Tae-yong. Masalah ini muncul karena ada sembilan pemain Persija yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) jangka panjang timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023.

Terkait masalah itu, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyampaikan klarifikasi. Ia menyebut akan memfasilitasi Thomas Doll dan Shin Tae-yong untuk bertemu.

"Polemik yang terjadi antara Coach Shin dan Thomas Doll, di mana Thomas Doll punya pikiran bahwa pemain-pemain harus bermain di kompetisi, tidak di TC timnas jangka panjang," ucap Indra Sjafri dikutip dari YouTube Tommy Desky, Senin (6/2/2023).

Baca Juga:
4 Gelar Juara Diraih, Berikut Deretan Trofi Indra Sjafri Bersama Timnas Indonesia

"Shin dan saya memahami itu dan setuju dengan pendapat Doll. Pertama saya sebagai Dirtek tentu ingin mengkomunikasikan hal tersebut kepada klub, lewat Nova (Arianto) sudah komunikasi dengan Ganesha (Wapres Persija) menyampaikan Thomas Doll ingin berdiskusi dengan Shin. Saya senang sekali kalau begitu, karena itu yang kami inginkan antara pelatih klub dan timnas kan harus berhubungan baik," imbuhnya.

Indra Sjafri mengatakan bahwa Persija sudah mengirimkan surat ke PSSI agar Thomas Doll dan Shin Tae-yong bertemu untuk berdiskusi. Akan tetapi pertemuan ini masih urung terjadi karena juru taktik asal Korea Selatan tersebut  juga sedang menjalankan roadmap demi persiapan Piala Dunia U-20 2023.

"Kami akui kemarin ada surat dari Persija resmi minta kita berdiskusi. Saya sudah sampaikan dan kita juga bingung mau membicarakan topiknya apa karena kita ini kan juga ada tugas bahwasanya Piala Dunia (U-20) ini sangat penting untuk kita, sebagai tuan rumah kita tidak hanya cukup sukses menjadi tuan rumah, tapi sukses di prestasi."

Baca Juga:
Potensial, 3 Pemain yang Perlu Dicoba Shin Tae-yong di TC Timnas Indonesia U-20

"Dalam hal ini Shin membuat roadmap setelah Desember 2022 kita mengajukan roadmap untuk TC jangka panjang. Tentu pasti akan ada kendala karena Persija dipanggil sembilan orang. Saya berusaha untuk komunikasikan dengan Shin untuk berhubungan Doll seperti yang dia minta," ujar Indra Sjafri.

Indra Sjafri pun berharap bahwa beberapa hari ke depan semoga bisa terjalin pertemuan antara Shin Tae-yong dengan Thomas Doll untuk menyelesaikan polemik yang ada.

"Bisa dikonfirmasi ke Ganesha sudah kirim surat ke kita. Kita sudah sampaikan bahwa ada permintaan khusus dari Persija untuk kita konfirmasi, jadi sampai saat ini belum terjadi. Mudah-mudahan beberapa hari ke depan saya coba komunikasikan lagi ke Shin atau cukup saya mewakili Shin dengan klub," tegasnya.

Baca Juga:
Bawa-bawa Lionel Messi ke TC Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong Diledek Media Vietnam

Adapun timnas Indonesia U-20 akan tampil di Piala Asia U-20 2023 pada Maret mendatang. Kemudian Garuda Nusantara bakal tampil di Piala Dunia U-20 2023 di bulan Mei.

Maka dari itu, Shin Tae-yong mengumpulkan pemain dalam TC jangka panjang agar bisa memenuhi target yang telah ditetapkan.

Baca Juga:
Bawa-bawa Nama Pemain Bintang Dunia, Ini Alasan Shin Tae-yong sebut Lionel Messi saat Latih Timnas Indonesia U-20