Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat melawan Thailand di Piala AFF 2022. (Facebook/changsuek)

Gol.bolatimes.com - Gara-gara Qatar menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Timnas Indonesia jadi berpotensi tidak lagi dilatih oleh Shin Tae-yong.

Piala Asia 2023 sedianya digelar di China pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023. Namun, karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir, China memutuskan mundur dari jabatan tuan rumah Piala Asia 2023.

Setelah itu ada empat negara yang mengajukan diri sebagai pengganti tuan rumah di Piala Asia 2023 yaitu Indonesia, Australia, Korea Selatan, dan Qatar. Akhirnya AFC memutuskan Qatar sebagai penggantinya.

Qatar terpilih karena dianggap paling siap untuk menggelar turnamen empat tahunan se-Asia ini karena baru saja menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Sehingga fasilitas dan sarana penunjang kompetisi lainnya dianggap masih memadai untuk dilanjutkan ke Piala Asia 2023. Namun, terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah berpotensi menggeser waktu pelaksanaan turnamen.

Kemungkinan Piala Asia 2023 bakal digelar pada Januari 2024 semakin besar peluangnya mengingat kondisi cuaca di Qatar. Bahkan, Piala Dunia 2022 kemarin saja digelar pada akhir tahun di Qatar, padahal biasanya gelaran ini hadir di musim panas.

Jika Piala Asia 2023 Qatar digelar pada tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya, maka para pemain bakal menjadi korban. Sebab, di bulan Juni hingga Juli, cuaca panas sedang melanda Qatar, yang mana suhunya mencapai 40 derajat celcius.

Pertimbangan itu pula yang membuat Piala Dunia 2022 akhirnya digeser pelaksanaannya menjadi akhir tahun untuk menghindari suhu ekstrem.

Kabar terbaru, AFC sudah resmi menggeser Piala Asia 2023 ke Januari 2023. Hal ini disebut telah dikonfirmasi oleh Sekjen AFC, Windsor John dan bakal berlangsung di Qatar.

“Sekretaris Jenderal (Sekjen) AFC, Windsor John, mengonfirmasi Piala Asia 2023 akan digelar di Qatar pada Januari 2024. Waktu resmi (tanggal penyelenggaraan) dan venue pertandingan akan diumumkan setelah rapat AFC di Qatar bulan depan,” tulis akun Twitter @theaseanball.

Penyelenggaraan Piala Asia 2023 di Qatar pada Januari 2024, bisa berdampak besar kepada Timnas Indonesia. Sebab, tak ada jaminan Shin Tae-yong tetap membesut Timnas Indonesia pada Januari 2024.

Kontrak Shin Tae-yong bakal berakhir dengan Timnas Indonesia pada Desember 2023 dan tak ada kepastian apakah pelatih asal Korea Selatan itu bakal diperpanjang atau tidak.

Masa depan Shin Tae-yong akan lebih dulu dipantau dari hasil Timnas Indonesia U-20 yang bakal bertanding di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Jika hasil positif mampu diberikan Shin Tae-yong, maka peluang pelatih asal Korea Selatan itu diperpanjang kontraknya bakal terbuka. Namun hal sebaliknya bisa terjadi jika hasil buruk didapatkan pada dua ajang Timnas Indonesia U-20.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha