Arif Budi Setyanto
Selebrasi Timnas Thailand setelah mengalahkan Malaysia di leg II Semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Thammasat, Selasa (10/1/2023). (Instagram/@changsuek)

Gol.bolatimes.com - Thailand gagal mengikuti WAFF 2023 atau Piala AFF-nya Asia Barat. Kendati begitu, Changsuek langsung putar otak untuk mencari lawan tanding di FIFA Matchday Maret 2023 mendatang.

Sebelumnya Thailand mendapatkan undangan untuk WAFF 2023. Tim Gajah Perang menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara dalam ajang tersebut.

Akan tetapi, kelanjutan WAFF 2023 yang dijadwalkan pada Maret dikabarkan batal karena tuan rumahnya UEA memilih mundur.

Baca Juga:
Tanpa Shin Tae-yong, Persija dan Timnas Indonesia Bertemu Bahas Pemanggilan Pemain ke TC

Hal tersebut membuat Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) langsung putar otak. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk mendapatkan lawan pengganti demi mengisi FIFA Matchday pada Maret 2023.

Lawan Thailand nanti pun bukan tim ecek-ecek. Sebab, skuad asuhan Mano Polking bakal menghadapi negara yang punya peringkat FIFA ke-68, yakni Irak.

"Setelah diumumkan bahwa WAFF 2023 dibatalkan atau ditunda, FAT menghubungi Irak untuk memainkan pertandingan persahabatan pada FIFA Matchday di bulan Maret," tulis laporan Twitter @theaseanball pada Rabu (8/2/2023).

Baca Juga:
Tak Mau Dipermalukan Timnas Indonesia, Tuan Rumah Piala Asia 2023 Resmi Boyong Eks Asisten Sir Alex Ferguson

Adapun pertandingan persahabatan antara Thailand menghadapi Irak dijadwalkan bakal digelar di Baghdad. Artinya tim Changsuek akan menjalani laga tandang.

Sementara itu, tim ASEAN lainnya, yakni Myanmar juga telah mengumumkan lawan di FIFA Matchday Maret 2023. Mereka bakal ikut turnamen mini melawan Kirgistan dan India.

Baca Juga:
Jelang Lawan Persib Bandung, Teco Pusing Tujuh Keliling Karena Kehilangan Striker Timnas Indonesia

Menarik lagi adalah Malaysia yang dirumorkan bakal bertanding melawan Australia untuk persiapan Piala Asia 2023.

Di sisi lain, timnas Indonesia masih belum mengumumkan lawannya untuk FIFA Matchday Maret. Ditambah Shin Tae-yong sedang fokus ke tim U-20 yang bersiap untuk Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Pemain Timnas Indonesia U-20 Belum Kerahkan Kemampuan Terbaiknya di TC Hari Ketujuh, Shin Tae-yong Beri Tekanan