Galih Prasetyo
Ciro Alves cedera patah tulang bahu. (Dok. Persib)

Gol.bolatimes.com - Striker asal Brasil Ciro Alves tengah gacor bersama Persib. Pemain 33 tahun kelahiran Salgueiro, Brasil ini total telah mengoleksi 9 gol dari 19 pertandingan di BRI Liga 1 2022-23.

Duetnya bersama David da Silva membuat Persib begitu nyaman duduk di puncak klasemen BRI Liga 1 2022-23. Total keduanya telah mencetak 25 gol untuk Pangeran Biru musim ini. Da Silva masih berada di puncak top skor BRI Liga 1 2022-23 dengan koleksi 16 gol.

Ketajaman Ciro Alves kemudian memunculkan banyak pemberitaan terkait dirinya jadi pemain naturalisasi timnas Indonesia.

Baca Juga:
Cek Fakta: Dua Legiun Asing PSIS Semarang Nekat Minta Dinaturalisasi Shin Tae-yong, Benarkah?

Salah satu akun Youtube INFO BOLA mengunggah video dengan narasi pemain Persib itu resmi dinaturalisasi. Dalam thumbnail video itu juga terdapat foto editan Ciro Alves kenakan jersey Timnas Indonesia.

Cek Fakta Ciro Alves (Youtube)

Di sampingnya terdapat foto editan lain yang memperlihatkan foto seseorang dengan wajah Ciro Alves akan memeluk calon ketua umum PSSI, Erick Thohir.

"ERICK THOHIR ROMBAK TIMNAS!! DOKUMEN DAN BERKAS SUDAH DITERIMA - CIRO ALVES RESMI DINATURALISASI" tulis judul pada unggahan akun Youtube INFO BOLA.

Baca Juga:
Cek Fakta: Benarkah Bos Al Nassr Sebut Ronaldo Cuma Bisa 'Siuu'?

Video itu berdurasi 1:23 menit dan sudah ditonton sebanyak 25.103 kali pengguna Youtube.

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, video dengan narasi Ciro Alves dinaturalisai ternyata tidak memberikan informasi valid terkait hal tersebut.

Baca Juga:
Cek Fakta, Benarkah Penyerang Newcastle United Allan Saint-Maximin Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

Dalam video hanya berisi potongan video dari tayangan Persib TV. Narator dalam akun Youtube INFO BOLA tidak memberikan informasi apapun terkait Ciro Alves dinaturalisasi.

Selain tidak ada penjelasan soal Ciro Alves resmi dinaturalisasi, juga tidak ada informasi soal Erick Thohir akan melakukan perombakan di Timnas Indonesia.

Dalam tayangan video malah ada potongan video saat Shin Tae-yong pimpin latihan skuat Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Putri Pangeran Dubai Rela Jadi Istri Kedua Cristiano Ronaldo, Benarkah?

Narator dalam video itu kemudian membacakan laporan berita mengenai pengalaman Hugo Samir menjalani TC Timnas Indonesia U-20.

Sekedar informasi, Ciro Alves saat ini statusnya masih menjadi warga negara Brasil. Pihak PSSI pun beberapa waktu lalu sudah menegaskan bahwa proyek naturalisasi hanya untuk pemain yang memiliki darah Indonesia.

Ciro Alves sendiri sudah membela tim Brasil U-20 sebanyak 7 pertandingan dan mencetak 5 gol.

Kesimpulan:

Dari hasil penelusuran, tayangan video akun Youtube INFO BOLA yang membuat narasi Ciro Alves resmi dinaturalisasi merupakan misleading conten alias HOAX.